PENINGKATAN EROSI TANAH PADA LERENG TIMBUNAN OVERBURDEN AKIBAT KEGIATAN PENAMBANGAN DI DAERAH CLERENG, PENGASIH, KABUPATEN KULON PROGO

  • Ag. Isjudarto Jurusan Teknik Pertambangan sttnas Yogyakarta

Abstract

Industri pertambangan membawa dampak positif dan negatif bagi masyarakat maupun pemerintah daerah serta negara. Kegiatan pertambangan yang dilakukan secara terbuka (opened mining) meninggalkan lubang-lubang besar di permukaan bumi, kerusakan tanah, erosi dan sedimentasi serta kekeringan. Kegiatan pertambangan salah satunya menumpuk tanah hasil pembongkaran pada disposal area. Disposal  merupakan area terbuka yang rawan terhadap erosi dan jika terjadi hujan yang cukup deras, pasti tanah tersebut dapat dengan mudah terkikis oleh tetesan air hujan sehingga tanah yang semula sudah rusak akan tererosi dan berpengaruh terhadap lingkungan sekitarnya. Didaerah Clereng, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo banyak dijumpai kegiatan penambangan batu andesit untuk keperluan industri. Berdasarkan persamaan Universal Soil Loss Equation (USLE) diperoleh dugaan  erosi yang terjadi di lokasi timbunan tanah penutup (overburden) adalah 32.139,49 ton/ha/tahun pada timbunan OB.

 

Kata kunci : penambangan, timbunan, overburden, erosi,

Author Biography

Ag. Isjudarto, Jurusan Teknik Pertambangan sttnas Yogyakarta
Jurusan Teknik Pertambangan sttnas Yogyakarta

References

Arsyad, S., 2000, Konservasi Tanah dan Air, Pembrit. IPB/IPB-Pro.Cetakan ketiga, Darmagama, Bogor.

Foster, G.R. dan L.D. Meyer. 1973. Soil Erosion and Sedimentasi by Water and Overview. American Soc Agric, Michigan.

Morgan, R. P. C., 1988, Soil Erosion and Conservation, Longman Group, Hongkong.

Rahim, S.E., 2000, Pengendalian Erosi Tanah, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Sukartaatmadja, S., 2004, Konservasi Tanah dan Air, Laboratorium Teknik Tanah dan Air IPB, Bogor. http://balittanah.litbang.deptan. go. Id/.

Supirin, 2002, Pelestarian Sumber daya Tanah dan Air, Andi Offset Yogyakarta.

Wischmeier, W. H., and D. D., Smith, 1978. Predicting Rainfall Erosion Losses, Aguide to Conservation Planning USDA Handbook, Washington DC.

http://www.ars.usda.gov/SP2UserFiles/ad hoc/36021500USLEDatabase/AH_537.pdf

………..,1998, Keputusan Ditjen Reboisasi dan Rehabilitasi Departemen Kehutanan No. 041/Kpts/V/1998.

Published
2017-01-15
How to Cite
Isjudarto, A. (2017) “PENINGKATAN EROSI TANAH PADA LERENG TIMBUNAN OVERBURDEN AKIBAT KEGIATAN PENAMBANGAN DI DAERAH CLERENG, PENGASIH, KABUPATEN KULON PROGO”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/279 (Accessed: 29March2024).