ANALISIS KESTABILAN LERENG PADA TAMBANG BATUBARA TERBUKA PIT D SELATAN PT. ARTHA NIAGA CAKRABUANA JOB SITE CV. PRIMA MANDIRI DESA DONDANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

  • Kornelis Bria Jurusan Teknik Pertambangan sttnas Yogyakarta
  • Ag. Isjudarto Dosen Teknik Tambang Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Jogjakarta

Abstract

Kelerengan  merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam menjamin keamanan dan kelancaran suatu operasi penambangan. Karena kegiatan penambangan tidak akan lepas dari keberadaan lereng pada daerah didalam tambang maupun lokasi – lokasi lainnya seperti jalan tambang, stockpile, dan lain sebagainya. Semoa lokasi tersebut membutuhkan  keamanan  yang  baik  untuk  menjamin  kelancaran  penambangan.  Adanya  kegiatan  penambangan, seperti penggalian pada suatu lereng akan menyebabkan terjadinya perubahan gaya – gaya pada lereng tersebut yang mengakibatkan terganggunya kestabilan lereng dan pada akhirnya terjadi longsor pada lereng tersebut. Longsoran sering terjadi pada lokasi dengan keadaan geologi, morfologi, hidrologi dan iklim yang kurang menguntungkan. Longsoran secara alami terjadi antara lain karena menunrunnya kemantapan suatu lereng, akibat degradasi tanah/batuan bersamaan waktu dan usianya.

 

Kata Kunci: Lereng, Kelongsoran, Sudut Geser Dalam, Kohesi, Faktor Keamanan

Author Biographies

Kornelis Bria, Jurusan Teknik Pertambangan sttnas Yogyakarta
Jurusan Teknik Pertambangan sttnas Yogyakarta
Ag. Isjudarto, Dosen Teknik Tambang Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Jogjakarta
Dosen Teknik Tambang Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Jogjakarta

References

Arief Saifuddin, “Analisis Kestabilan Lereng

Dengan Metode Irisan”, 2009

Bowless J. E, “Sifat – Sifat Fisis dan Geoteknis Tanah (Mekanika Tanah), Edisi Kedua, Erlangga: Jakarta, 1989.

Hoek, E. and Bray, J. W., “Rock Slope Engineering” 3rd Ed, The Institution of Mining and Metallurgy: London, 1981.

Made Astawa Rai, Dr. Ir. “Mekanika Batuan”,Laboratorium Geoteknik Pusat Antar Mahasiswa Universitas – Ilmu Rekyasa – Institut Teknologi Bandung: ITB.

Made Astawa Rai, Dr. Ir dan Anung Dri Prasetya, Ir, “Kemantapan Lereng Batuan”, Kursus Pengawas Tambang, 1998

Published
2017-01-16
How to Cite
Bria, K. and Isjudarto, A. (2017) “ANALISIS KESTABILAN LERENG PADA TAMBANG BATUBARA TERBUKA PIT D SELATAN PT. ARTHA NIAGA CAKRABUANA JOB SITE CV. PRIMA MANDIRI DESA DONDANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/292 (Accessed: 25July2024).