Analisis Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Proyek Konstruksi Sahid Jogja Lifestyle City di Kabupaten Sleman

  • Faisal Sidik Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta
  • Widodo Hariyono Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta

Abstract

Jasa konstruksi merupakan salah satu sektor paling berisiko terjadinya kecelakaan kerja. Berdasarkan studi pendahuluan pada proyek konstruksi Sahid Jogja Life Style City, terdapat beberapa kejadian kecelakaan kerja, diantaranya: (1) kaki pekerja yang tertusuk besi cor, sebab tidak memakai sepatu, (2) pekerja yang tertimpa material bangunan gedung, (3) pengoperasian alat kerja yang tidak sesuai prosedur. Terjadinya kasus kecelakaan disebabkan rendahnya kepatuhan pekerja terhadap aturan yang ditetapkan. Tujuan penelitian, mengetahui penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam proyek konstruksi Sahid Jogja Life Style City di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 7 responden, yaitu 1 HSE Coordinator, 2 Chief Safety, 1 operator crane, dan 3 pekerja. Jalan penelitian terdiri dari 3 tahap, yaitu persiapan, eksplorasi data di lapangan, dan analisis hasil temuan. Analisis data dilakukan secara deskriptif.

Hasil penelitian: (1) Penerapan proses pencegahan bahaya di proyek konstruksi Sahid Jogja Lifestyle City sudah sesuai dengan Standar Prosedur Operasional/SOP kontraktor. (2) Program sosialisasi K3 di proyek konstruksi Sahid Jogja Lifestyle City sudah cukup baik dan sesuai Standar Prosedur Operasional kontraktor. (3) Ketersediaan Alat Pelindung Diri/APD di proyek konstruksi Sahid Jogja Lifestyle City belum cukup dan sudah sesuai dengan SOP kontraktor. (4) Pemakaian APD di proyek konstruksi Sahid Jogja Lifestyle City belum baik, tetapi sudah sesuai dengan SOP kontraktor. Kesimpulan, penerapan K3 di proyek konstruksi Sahid Jogja Lifestyle City secara umum sudah baik, tetapi masih terdapat beberapa kekurangan praktik K3 yang substansial.

 

Kata kunci: konstruksi, keselamatan dan kesehatan kerja, proyek.

Author Biographies

Faisal Sidik, Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta
Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta
Widodo Hariyono, Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta
Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta

References

Anizar. 2009. Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Industri, Graha ilmu,Yogyakarta.

Ariany, K., Sanjaya, M., dan Widyawati. 2008. Analisis Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Proyek Konstruksi Gedung di Kabupaten Klungkung dan Karangasem, Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil, Universitas Udayana, Vol. 8, No. 1, Hal 1-8.

Badan Pusat Statistik. 2011. Pengembangan Satelite Account Sektor Konstruksi Tahun 2011, Jakarta.

Ervianto, W.I. 2005. Manajemen Proyek Konstruksi, Andi Offset, Yogyakarta.

Kurniawidjaja, L.M. 2010. Teori dan Aplikasi Kesehatan Kerja, Penerbit Universitas Indonesia, Depok.

Sekretariat Negara RI. 2000. Undang-undang Republik Indonesia, Nomor 1, Tahun 1970, Tentang Keselamatan Kerja, Jakarta.

Sekretariat Negara RI. 2012. Peraturan Pemerintah Nomor 50, Tahun 2012, Tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Jakarta.

Srijayanti, N.P., Sudipta, I.K., dan Putera, I.G.A. 2013, Kecelakaan Tenaga Kerja pada Proyek konstruksi di Kab Tabanan. Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil. Vol. 1, No. 12, Hal 1-6.

Suardi, R, 2005, Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, PPM, Jakarta.

Suma’mur P.K. 2001., Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan, CV Haji Masagung, Jakarta.

Published
2017-01-16
How to Cite
Sidik, F. and Hariyono, W. (2017) “Analisis Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Proyek Konstruksi Sahid Jogja Lifestyle City di Kabupaten Sleman”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/302 (Accessed: 27April2024).