Sharing Content Website Menggunakan Parser Pada Internet Message Access Protocol (IMAP)

  • Andreas Handojo Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra, Indonesia
  • Andree Theovani Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra, Indonesia

Abstract

Pengetahuan tentang sesuatu hal merupakan sesuatu yang bersifat universal dan teramat luas. Setiap orang memiliki sedikit pengetahuan tentang sesuatu dan bila semuanya dirangkaikan maka menjadi sebuah pengetahuan yang saling melengkapi dan utuh. Begitu juga halnya dengan pengetahuan akan sejarah sebuah kota, dalam hal ini kota Surabaya. Surabaya memiliki sejarah yang sangat panjang, dimulai sejak jaman majapahit, perang kemerdekaan Indonesia, hingga abad modern saat ini. Pada penelitian ini, coba dibuat sebuah aplikasi berbasis web yang memiliki kemampuan untuk melakukan proses kolaborasi sharing informasi tentang sejarah Surabaya dari semua pengguna yang mau bergabung didalamnya. Proses kolaborasi informasi dilakukan dengan cara melakukan proses parsing pada konten email (Internet Message Access Protocol/IMAP) yang dikirimkan kepada email server. Informasi yang diperoleh ini kemudian akan diolah menjadi artikel pada sebuah website yang berisikan tentang sejarah kota surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan proses pengambilan konten email serta melakukan parsing informasi yang ada kemudian memasukkannya secara otomatis ke dalam database web server. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa proses pengambilan konten pada email, proses parsing, dan website informasi sejarah kota surabaya telah berjalan sesuai desain requirement awal.

 

Kata Kunci: IMAP, google mail, parser, surabaya, sejarah

Author Biographies

Andreas Handojo, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra, Indonesia
Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra, Indonesia
Andree Theovani, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra, Indonesia
Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra, Indonesia

References

March, Francis A .(2009). A Parser and Analyzer for Beginners: With Diagrams and Suggestive Pictures. BiblioBazaar

Google. Gmail for work, [Online], Diakses di: https://www.google.com/intx/en_id/work/apps/business/products/gmail [20 Juni 2015].

Google Support. Use email clients with IMAP or POP, [Online], Diakses di: https://support.google.com/mail/topic/3398031?hl=en [20 Juni 2015].

Metsker, Steven J. (2001). Building Parsers With Java Addison-Wesley.

Miller, Michael. Gmail in 10 Minutes, Sams Teach Yourself 2nd Edition. (2014). Sams Publishing.

Published
2017-01-16
How to Cite
Handojo, A. and Theovani, A. (2017) “Sharing Content Website Menggunakan Parser Pada Internet Message Access Protocol (IMAP)”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/304 (Accessed: 28March2024).