Dampak Parkir Sisi Jalan Di Satu Kawasan Niaga Di Bandung

  • Pradhana Wahyu Nariendra Manajemen Transportasi, Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia
  • Hengky Hernawan Manajemen Transportasi, Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia

Abstract

Menjamurnya Factory Outlet (FO) di Kota Bandung berdampak meningkatnya kebutuhan parkir untuk pengunjung FO. Sayangnya, sebagian besar FO ini tidak memiliki fasilitas off-street parking yang memadai, sehingga badan jalan digunakan sebagai tempat parkir (on-street parking). Kegiatan on-street parking memberikan manfaat bagi FO berupa nilai pembelanjaan potensial (opportunity value), dan keuntungan dari nilai pembelanjaan itu (opportunity profit), tetapi dapat juga mengganggu arus lalu lintas di sekitarnya. Akibatnya muncul external cost berupa pemborosan biaya transportasi (Biaya Operasi Kendaraan dan Nilai Waktu) yang harus ditanggung oleh pengguna jalan lain.

 

Studi ini dilakukan pada kegiatan on-street parking BABE (BArang BEkas) Jalan R.E. Martadinata 111 Bandung. Jalan dua lajur ini memiliki lebar 10 meter untuk dua arahnya. Data arus lalu lintas dan waktu tempuh kendaraan diperoleh dari pengamatan hasil rekaman handycam di laboratorium. Durasi pakir dan parking turn over didapat dengan cara mencatat jumlah kendaraan parkir setiap 15 menit di lapangan, dan nilai pembelanjaan pengunjung didapat dengan wawancara langsung dengan pengunjung yang akan pulang. Semua survey tersebut dilakukan pada kondisi puncak (arus lalu lintas besar dan pengunjung ramai, pada hari Sabtu). Pemborosan biaya transportasi akibat on-street parking, didapat dengan membandingkan biaya transportasi pada kondisi puncak dengan biaya transportasi pada kondisi tidak ada on-street parking (kondisi lalu lintas yang sama).

 

Hasil survey parkir menunjukan bahwa 41% pengunjung BABE parkir kurang dari 15 menit, dan tiap parking slot rata-rata digunakan 1,5 kendaraan per jam-nya. Hasil wawancara menunjukan bahwa 33% pengunjung tidak belanja, dan 68% dari pengunjung memiliki nomor polisi Jakarta (B). Berdasarkan hasil analisis diketahui terjadi penurunan kecepatan rata-rata ruang kendaraan akibat kegiatan on-street parking BABE, sebesar 42% (dari 32,6 km/jam menjadi 13,6 km/jam) untuk lajur jalan arah utara utara dan 47% (dari 33,4 km/jam menjadi 15,8 km/jam) untuk lajur jalan arah selatan. Selama dua jam pengamatan, opportunity value dari kegiatan on-street parking BABE adalah Rp. 270.000,-/parking slot, dan total keuntungan (opportunity profit) yang didapat sebesar Rp. 483.775,-/jam, dan total kerugiannya (external cost) sebesar Rp. 147.777,-/jam. Sebagian besar external cost tersebut berasal dari gangguan samping akibat manuver kendaraan yang masuk dan keluar fasilitas on-street parking.

 

Kata Kunci :  factory outlet, on-street parking, opportunity value, opportunity profit, external cost, kecepatan rata-rata ruang, biaya operasi kendaraan, nilai waktu, manuver kendaraan parkir.

 

Author Biographies

Pradhana Wahyu Nariendra, Manajemen Transportasi, Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia
Manajemen Transportasi, Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia
Hengky Hernawan, Manajemen Transportasi, Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia
Manajemen Transportasi, Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia

References

Gerlough, D.L., Huber, M.J., (1975), Traffic Flow Theory, TRB, Washington, D.C.

Kennedy, John B., Neville, Adam M., (1976), Basic Statistical Methods For Engineers And Scientists 2nd Edition, Thomas Y. Crowell Company, Inc., New York.

May, Adolf D., (1990), Traffic Flow Fundamentals, Prentice Hall, New Jersey.

MKJI, (1997), Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Nasution, S., (2003), Metode Research (Penelitian Ilmiah), Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Santoso, Idwan, (1996), Perencanaan Transportasi (Transportation Planning), Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat-ITB, Bandung.

Tamin, O.Z., (2000), Perencanaan & Pemodelan Transportasi, Edisi Kedua, Penerbit ITB, Bandung.

Tamin, O.Z., (2003), Perencanaan & Pemodelan Transportasi (contoh soal & aplikasi), Edisi Kesatu, Penerbit ITB, Bandung.

USHCM, (2000), Highway Capacity Manual, Transportation Research Board, Washington, D.C.

Walpole, R.E., Myers, R., (1995), Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan, Terjemahan Indonesia, Penerbit ITB, Bandung.

Weant, Robert A., (1978), Parking Garage Planning and Operation, ENO Foundation for Transportation Inc.

Published
2017-01-16
How to Cite
Nariendra, P. W. and Hernawan, H. (2017) “Dampak Parkir Sisi Jalan Di Satu Kawasan Niaga Di Bandung”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/310 (Accessed: 29March2024).