PENGEMBANGAN MESIN PENGGILING JAGUNG JENIS BUHR MILL SISTEM HANTARAN SCREW DENGAN PENGGILING PLAT BERGERIGI DAN EVALUASI TEKNIS

  • A Adriansyah Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Padang
  • J Junaidi Jurusan Teknik mesin, Politeknik Negeri Padang
  • M Mulyadi Jurusan Teknik mesin, Politeknik Negeri Padang

Abstract

Abstrak

Teknologi penggilingan jagung biasanya bekerja dengan prinsip tumbukan (Hammer Mill), kapasitas besar (1-1,5 ton/jam). Mesin ini efektif, tetapi kelemahannya daya yang digunakan besar dan hasil gilingan yang bervariasi lama sekali didapatkan. Sebaliknya teknologi penggilingan jenis Buhr Mill punya biaya awal yang rendah, dan kapasitas penggilingan 200-300 kg/jam. Daya yang digunakan 1/3 dari daya yang digunakan oleh penggiling tumbuk dengan kapasitas yang sama. Tujuan dari penelitian pada tahun ke II ini adalah melakukan evaluasi teknis terhadap kinerja mesin yang optimal dan melakukan analisis ekonomi untuk menentukan biaya operasional mesin. Dari hasil rancangan mesin didapatkan kapasitas mesin ± 225 kg/jam, ukuran mesin yaitu 87 cm x 130 cm x 40 cm, daya motor penggerak 1,5 HP dengan putaran 1450 RPM. Dari hasil evaluasi teknis, kapasitas  jagung gilingan pada sudut mata pisau 1000 rata-rata dari ketiga jarak celah adalah 110 kg/jam, dengan sudut pisau 900 kapasitas jagung 126,6 kg/jam, dan sudut pisau 800 adalah 137,3 kg/jam. Persentase ukuran butiran 30 mess yang terbesar 72,5% pada  sudut mata pisau  900 dengan jarak celah 0,5 mm, butiran dengan 50 mess  kapasitas hasil gilingan maksimum  162 kg/jam didapatkan pada sudut pisau 800. Dari analisis ekonomi yang dilakukan didapatkan biaya operasional mesin adalah  263 Rp/kg. Dengan kapasitas penggilingan 200 kg/jam atau 1,6 ton/hari untuk waktu operasi 20 hari perbulan maka biaya operasional adalah Rp. 8.416.000 

 

 

Kata Kunci: Mesin,  penggiling,  jagung, Hantaran,  Screw.

Author Biographies

A Adriansyah, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Padang
Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Padang
J Junaidi, Jurusan Teknik mesin, Politeknik Negeri Padang
Jurusan Teknik mesin, Politeknik Negeri Padang
M Mulyadi, Jurusan Teknik mesin, Politeknik Negeri Padang
Jurusan Teknik mesin, Politeknik Negeri Padang

References

Adrizal, A. Kamaruddin dan Z. Edward. 1998. Introduksi Ransum Ayam Petelur Menggunakan Bahan Pakan Lokal Pada Usaha Peternakan Makmur Abadi Di desa Tarung-Tarung Selatan Sungai Lasi Kabupaten Solok. Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Andalas Padang.

Adrizal, A. Kamaruddin, Y. Rizal dan Khsrad. 1999. Analisa dan Uji Coba Formula Ransum Ayam Ras di Sumatera Barat. Kerjasama Fakultas Petemakan Universitas Andalas dengan Dinas Petemakan Daerah Tingkat I Sumatera Barat.

Adriansyah, Junaidi, Mulyadi. 2014. Pengembangan Mesin Penggiling Jagung Jenis Buhr Mill Dengan Metode Kombinasi Hantaran Poros Screw Dan Penghancuran Dengan Dua Permukaan Plat Bergerigi. Laporan Penelitian Hibah Bersaing tahun I DIKTI.

Angelia Merdiyanti. 2008. Paket Teknologi Pembuatan Mi Kering Dengan Memanfaatkan Bahan Baku Tepung Jagung. Skripsi. Departemen Ilmu Dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor

Anwar, M, Raffei. 1981, Bagian-Bagian Mesin dan Merencana, Jakarta .

Brennan, J. G, et all. 1990. Food Engineering Operations 3th Ed. Elsevier Publishing Co.,. New York.

Budi Tangendjaja. 2007. Limbah Tanaman dan Produk Samping Industri Jagung untuk Pakan. http://pustaka.litbang.deptan.go.id/bppi/lengkap/bpp1048.pdf

Dirjen Peternakan. 2010. Pedoman Pembangunan Pabrik Pakan dan Skala Kecil dan Proses Pengolahan Pakan. Direktur Budidaya Ternak Non Ruminansia.

Guritno.P. 1996. Mesin Kempa Tipe Ulir Tunggal untuk Mengempa Rajangan Tandan Kosong sawit. Jurnal Penelitian Kelapa Sawit, 1996, 4(1): 47-57.

Hall, C. 1983. Processing Equipment For Agricultural Products. The Avi Publishing Company, Inc. Westport, Connecticut.

Harjosentono, Muljoto, Wijanto, E. Rachlan. I.W Badra dan R.D Tarmana. 1984. Mesin-Mesin Pertanian. C.V Yasaguna. Jakarta.

Herman Jutz and Eduard Scharkus. 1966. Westermann Tables For The Metal Trade

Henderson, S.M. dan R.L. Perry. 1976. Agricultural Process Engineering 3th Edition. The AVI Publishing Company. Inc., Wesport Connecticut. USA.

Hubeis, Musa. 1984. Pengantar Pengolahan Tepung Serealia dan Biji – Bijian. Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Junaidi, adriansyah. Rekayasa Mesin Penggiling Jagung Jenis Bur Mill Dengan Metode Penghancuran Dengan Dua Permukaan Plat Bergerigi. Jurnal Teknik Mesin Politeknik Negeri Padang Vol.7, No. 2, Desember 2010. ISSN 1829-8958.

Kaltika Setyautami Sumariana. 2008. Uji Performansi Mesin Penepung Tipe Disc (Disc Mill) Untuk Penepungan Juwawut (Setaria Italica (L) P. Beauvois). Skripsi. Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Leniger, H.A., dan W.A. Baverloo. 1975. Food Prosess Engineering. D. Reidel Publishing Company, Dordreht, Holland.

Maya Tristi. 2007. Kualitas Jagung (Bahan kering, Protein Kasar, Serat Kasar) dan Identifikasi Kapang dari Tiga Bentuk Penyediaan Jagung Sebagai Pakan Ternak yang di Pasarkan di Kota padang. Skripsi. Fakultas Peternakan Universitas Andalas.

Muin, S. 1986. Perencanaan Mesin-mesin Perkakas. CV. Rajawali Jakarta

Pratomo, Mudjiarto, Muelis dan S.F Mulkan. 1975. Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian. Departemen Mekanisasi Pertanian. Fakultas Mekanisasi Pertanian dan Teknologi Hasil Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Resna Nur Apriani. 2009. Pengaruh Ukuran Partikel Dan Kadar Air Tepung Jagung Serta Kecepatan Ulir Ekstruder Terhadap Karakteristik Snack Ekstrusi. Skripsi. Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor

Statistik Sumatera Barat 2004

Sitkey G. 1986. Mechanics of Agricultural Material. Elsevier. Amsterdam.

Soetojo, Ami Soetijah. 1975. Mempelajari Pengaruh Kecepatan Putaran Gigi Penggiling Terhadap Kebutuhan Tenaga dan Hasil Gilingan Jagung Pada Proses Giling Ulang Dengan Menggunakan Hammer Mill. Skripsi. Fakultas Mekanisasi dan Teknologi Hasil Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Sularso. 1987. Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin, ITB, Bandung.

Suryanto, H. 2000. Rekayasa Mesin Pencacah Limbah Tandan Kosong Sawit untuk Menghasilkan Pulp sebagai Bahan Baku Industri Papan Serat dan Kertas. Laporan Hibah Bersaing 1998-2000, Universitas Andalas Padang.

Sutanto.2006. Uji Performansi Mesin Penyosoh dan Penepung Biji Buru Hotong (Setari italica (L) Beauv). Skripsi. Departemen Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Bogor

Taufik, R.1993. Teori dan Proses Permesinan, Teknik.Mesin, ITB, Bandung.

Tjahja mahantri. 2011. Optimasi Proses Ekstrusi Mi Jagung dengan Metode Permukaan Respon. Jurnal Teknol dan Industri pangan, Vol XXII No 2 tahun 2011.

Van Vlack Laurence, 1994. Ilmu dan Teknologi Bahan, Jakarta Penerbit Eriangga.

Published
2017-01-16
How to Cite
Adriansyah, A., Junaidi, J. and Mulyadi, M. (2017) “PENGEMBANGAN MESIN PENGGILING JAGUNG JENIS BUHR MILL SISTEM HANTARAN SCREW DENGAN PENGGILING PLAT BERGERIGI DAN EVALUASI TEKNIS”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/312 (Accessed: 29March2024).