Evaluasi Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Perusahaan Konstruksi Pemeliharaan Jalan di Dinas Kimpraswil Kota Yogyakarta

  • Prisca Andarini Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta
  • Widodo Hariyono Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta

Abstract

Industri jasa konstruksi merupakan sektor industri yang memiliki risiko kecelakaan kerja cukup tinggi. Untuk itu penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) diharapkan menurunkan angka kecelakaan kerja. Banyak proyek konstruksi pemeliharaan jalan yang dilakukan tanpa penerapan K3 standar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan K3 pada proyek konstruksi pemeliharaan jalan di Kota Yogyakarta. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 tim kerja konstruksi pemeliharaan jalan yang bekerja di beberapa ruas jalan di Kota Yogyakarta.

Penelitian ini dilakukan di beberapa tempat dilakukannya proyek pemeliharaan jalan di Kota Yogyakarta, yaitu di Jalan Lingkar Selatan, Jalan Wahidin Sudirohusodo, dan Jalan Perintis Kemerdekaan. Data primer diperoleh dengan cara observasi, melakukan wawancara, dan pengisian ceklis.

Hasil penelitian: (1) Penggunaan Alat Pelindung Diri/APD belum dilaksanakan oleh seluruh pekerja konstruksi pemeliharaan jalan. Pada proses pembakaran aspal, dari 7 pekerja hanya 2 yang menggunakan masker dan pakaian kerja. Pada proses pengaspalan, dari 7 pekerja hanya 1 yang menggunakan masker, 3 menggunakan safety shoes, dan 7 menggunakan pakaian kerja. (2) Pada proses pelaksanaan konstruksi jalan, pekerjaan tanpa menggunakan Standar Operasional Prosedur/SOP. (3) Pencegahan bahaya atau risiko pada proses konstruksi jalan belum diterapkan sepenuhnya, salah satunya penerapan pemasangan peringatan tanda bahaya di sekitar lokasi proyek. Kesimpulan, pelaksanaan K3 pada konstruksi pemeliharaan jalan di Kota Yogyakarta belum sepenuhnya diterapkan. Pengetahuan K3 perlu ditingkatkan untuk meminimalisir kecelakaan kerja.

 

Kata kunci: evaluasi, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, konstruksi, pemeliharaan jalan.

Author Biographies

Prisca Andarini, Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta
Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta
Widodo Hariyono, Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta
Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta

References

Ariany, K., Sanjaya, M., dan Widyawati. 2008. Analisis Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Proyek Konstruksi Gedung di Kabupaten Klungkung dan Karangasem. Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil. Universitas Udayana, Volume 8, Nomor 1, Hal 1 – 8.

Dinas Permukiman Prasarana Wilayah Kota Yogyakarta. 2008. Pedoman Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk Konstruksi Jalan dan Jembatan, Nomor 004/ BM/2006. Yogyakarta.

Kusumastuti, D.R. 2010. Aplikasi Sistem Manajemen Konstruksi pada Pembangunan Gedung Komersial Plaza Dago. Jurnal Teknis. Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang, Volume 5, Nomor 2, halaman 64 – 70.

Suma’mur P.K. 2001. Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. CV Haji Masagung, Jakarta.

Wignall, A., Kendrick, S.P., Ancill, R., dan Copson, M. 2003. Proyek Jalan: Teori dan Praktik. Erlangga, Jakarta.

Published
2017-01-16
How to Cite
Andarini, P. and Hariyono, W. (2017) “Evaluasi Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Perusahaan Konstruksi Pemeliharaan Jalan di Dinas Kimpraswil Kota Yogyakarta”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/313 (Accessed: 2May2024).