Penentuan Umur Ekonomis Truk Trailer Berdasarkan Biaya Tahunan Rata-rata di PT Richie Persada Logistindo

  • S Syafrianita Program Studi Manajemen Transportasi Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia

Abstract

Transportasi merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan pembangunan terutama dalam mendukung kegiatan perekonomian masyarakat. Transportasi diperlukan dalam berbagai sektor seperti sektor pertanian, industri, pertambangan, pariwisata, perdagangan, dan berbagai sektor lainnya. Dalam sektor perdagangan, dibutuhkan jasa transportasi untuk mengangkut barang dagangan dari gudang barang jadi milik perusahaan manufaktur ke pusat distribusi yang tersebar di berbagai wilayah. Ada beberapa pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan perdagangan yang memiliki tugas serta fungsinya masing-masing. Salah satu pihak yang terlibat dan memegang peranan sangat penting adalah penyedia jasa transportasi. Penyedia jasa transportasi biasa disebut dengan vendor trucking. Vendor trucking merupakan suatu usaha yang bergerak dalam bidang keagenan yang menyediakan jasa antar jemput pengiriman barang ekspor, impor, domestik dan kargo. Jasa transportasi trucking sangat penting dalam menghubungkan antara supplier dan customer baik domestik maupun internasional. Dalam penelitian ini, Penulis menggunakan teknik wawancara dan observasi. Data yang dikumpulkan adalah data yang berpengaruh terhadap penentuan umur ekonomis truk trailer yakni biaya yang bersifat berubah-ubah, misalnya biaya-biaya yang naik sejalan dengan bertambahnya umur pemakaian suatu trailer. Biaya yang mempengaruhi umur ekonomis trailer adalah biaya yang bersifat konstan misalnya biaya supir trailer. Dalam penelitian ini, pengolahan data dibagi dalam beberapa tahapan yakni perhitungan biaya operasional kendaraan dan perhitungan umur ekonomis kendaraan. total biaya tahunan rata-rata trailer diperoleh dengan menjumlahkan biaya operasional kendaraan. biaya down time, dan biaya penyusutan (capital recovery). Biaya Operasional Kendaraan untuk tahun 2014 sebesar Rp 192.721.644 dan Biaya down time untuk tahun 2014 sebesar Rp 216.700 sehingga didapatkan penentuan umur ekonomis kendaraan adalah 10 tahun.

 

Kata Kunci : Trailer, Transportasi, Biaya Operasional Kendaraan, Umur Ekonomis Kendaraan.

 

Author Biography

S Syafrianita, Program Studi Manajemen Transportasi Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia

Program Studi Manajemen Transportasi

Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia

References

Adisasmita, Raharjo. 2010. Dasar-dasar Ekonomi Transportasi. Makassar : Graha Ilmu.

Husnan, Suad & Muhammad, Suwarsono. 2000.

Studi Kelayakan Proyek. Yogyakarta:UPP STIM YKPN.

Hutabarat, Roselyne. 1989. Transaksi Ekspor-Impor. Edisi kedua. Jakarta Erlangga.

Nasution, M. Nur. 2010. Manajemen Transportasi.

Edisi Ketiga. Bogor: Ghalia Indonesia.

Salim, Abbas. 2003. Manajemen Trasnsportasi. Jakarta:Ghalia Indonesia

Santosa, Budi.2009. Manajemen Proyek Konsep dan Implementasi. Yogyakarta:Graha Ilmu

Simbolon, Maringan M., M.M. 2002. Ekonomi Transportasi. Jakarta : Ghalia Indonesia

Tamin, Ofyar Z.2010. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi.Bandung:ITB

Published
2017-01-16
How to Cite
Syafrianita, S. (2017) “Penentuan Umur Ekonomis Truk Trailer Berdasarkan Biaya Tahunan Rata-rata di PT Richie Persada Logistindo”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/319 (Accessed: 20April2024).