Pemanfaatan Hasil Alam (Daun Randu Dan Daun Jambu Biji) sebagai Antidiare

  • Ani Purwanti Jurusan Teknik Kimia Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Abdul aziz Jurusan Teknik Kimia Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakartan
  • Abdullah Dedi R Jurusan Teknik Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Fitri Riyadi Jurusan Teknik Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Abstract

Abstrak

Di Indonesia, keberadaan daun randu dan daun jambu biji sangat banyak. Secara tradisional, kedua hasil alam ini dapat dibuat sebagai obat antidiare. Tetapi cara pengolahannya dan pengaruh komposisi terhadap aktivitas antidiare belum banyak diketahui masyarakat sehingga diperlukan suatu penelitian lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengolahan daun randu dan daun jambu biji sebagai obat antidiare dan mencari efek ekstrak daun randu dan jambu biji terhadap aktivitas antidiare, antisekretori, dan antimotilitas pada tikus putih galur Balb/C. Sampel ekstrak daun randu dan daun jambu biji sebanyak (700-900) mg/kgbb diberikan secara oral pada beberapa kelompok tikus putih untuk mengetahui aktivitasnya sebagai antidiare dan antisekretori. Efek sampel terhadap antimotilas dibuktikan dengan memberikan secara oral sampel sebanyak 3,0 ; 4,0 dan 5,0 gr/kgbb. Satu kelompok tikus diberikan NaCl 0,9 % 20 mL/kgbb dan kelompok yang lain diberikan Loperamid HCl 50 mg/kgbb. Dari hasil penelitian terlihat bahwa sampel tersebut memiliki efek antidiare pada tikus putih galur Balb/C dengan evaluasi sebagai antisekretori dan antimotilitas. Daun randu dan daun jambu biji dengan perbandingan 1:3 yang diekstrak dengan maserasi selama 3 hari dan perbandingan bahan dengan pelarut sebesar 1:10 memiliki efektifitas paling baik sebagai antidiare dengan dosis 800 mL/kgbb. Diharapkan dari hasil penelitian ini masyarakat dapat mengetahui penggunaan daun randu dan daun jambu biji sebagai hasil lingkungan sekitar sebagai obat antidiare.

 

Kata kunci : antimotilitas, antisekretori, castor oil, obat herbal

Author Biographies

Ani Purwanti, Jurusan Teknik Kimia Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
Jurusan Teknik Kimia Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakartan
Abdul aziz, Jurusan Teknik Kimia Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakartan
Jurusan Teknik Kimia Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakartan
Abdullah Dedi R, Jurusan Teknik Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
Jurusan Teknik Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
Fitri Riyadi, Jurusan Teknik Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
Jurusan Teknik Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

References

Anas, Y., Fithria, R.F., Purnamasari, Y.A., Ningsih, K.A., Noviantoro, S.G., dan Suharjono, (2012), Aktivitas Antidiare Ekstrak Etanol Daun Randu (Ceiba Petandra L, Gaern,) pada Mencit Jantan Galur Balb/C, Jurnal Ilmu Farmasi dan Farmasi Klinik, Vol. 9 No.2, hal. 16 – 22.

Depkes RI, (2000), Inventaris Tanaman Obat Indonesia (I), Jilid I, Departemen Kesehatan dan Kesejahteraan Republik Indonesia, Jakarta.

Di Carlo, G., Autore, G., Izzo, A.A., Maiolino, P., Mascolo, N., Viola, P.,

Diurno, M.V., and Capasso, F., (1993), Inhibition of Intestinal Motility and Secretory by Flavonoids in Mice and Rats: Strukture Activity Relationships, Journal of Pharmacy and Pharmacology, 45 (12).

Fratiwi, Y., (2015), The Potensial of Guava Leaf (Psidium guajava L.) for Diarrhea, J Majority, Vol. 4 No. 1, p.113.

Kumalaningsih, S., (2006), Antioksidan Alami-Penangkal Radikal Bebas, Sumber, Manfaat, Cara Penyediaan dan Pengolahan, CEtakan Pertama, Trubus Agrisarana, Surabaya.

Palombo, E.A., (2006), Phytochemicals from Traditionanal Medicinal Plants Used in the Treatment of Diarrhoea : Modes of Action and Effects on Intestinal Function, Phytotherapy Research, 20(9).

Sudarsono, Gunawan, D., Wahyuono, S., Donatus, I.A., dan Purnomo, (2002), Tumbuhan Obat II, Hasil Penelitian, Sifat-sifat dan Penggunaannya, 39-40, Pusat Studi Obat Tradisional, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Published
2017-01-16
How to Cite
Purwanti, A., aziz, A., R, A. D. and Riyadi, F. (2017) “Pemanfaatan Hasil Alam (Daun Randu Dan Daun Jambu Biji) sebagai Antidiare”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/326 (Accessed: 29March2024).