Analisis Potensi Energi Arus Laut di Pantai Ampenan, Kota Mataram, Provinsi NTB

  • Baiq Liana Widiyanti Program Studi S3 Ilmu Lingkungan, UGM

Abstract

Abstrak

Pertumbuhan penduduk yang kian pesat berbanding lurus dengan peningkatan kebutuhan dalam berbagai aspek. Kebutuhan listrik juga tidak terlepas dari fenomena ini, diperparah lagi dengan pola konsumtif masyarakat yang mengingankan kemudahan dalam beraktivitas sehari-hari, sehingga kebutuhan energi listrik menjadi sangat besar. Untuk itu diperlukan sumber energi alternatif agar bisa memenuhi kebutuhan yang semakin meningkat tersebut. Yang menjadi harapan adalah adanya sumber energi terbarukan, ramah lingkungan, adoptable untuk masyarakat serta tentunya efisiensi dalam pembiayaannya. Energi arus laut menjadi salah satu alternatif yang bisa mulai dipertimbangkan untuk menjawab tantangan tersebut, mengingat bahwa wilayah laut Indonesia sangat luas sehingga potensinya juga sangat besar. Peenelitian ini mengambil lokasi di Pantai Ampenan Kota Mataram, Provinsi NTB. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data yang diperoleh baik melalui pengukuran di lapangan serta data sekunder hasil rangkuman dari berbagai penelitian yang telah ada  (riset pustaka) di lokasi ini, dianalisis menggunakan tekhnik SWOT (Strength, Weakness, Opportunity and Threat), untuk menilai secara kualitatif mengenai kemungkinan potensi  pemanfaatan arus laut yang ada d Pantai Ampenan untuk pengembangan energi terbarukan sebagai sumber energi alternatif dalam pemenuhan kebutuhan listrik masyarakat sekitar kawasan Pantai Ampenan. Hasil penelitian mengenai karakteristik oseanografi serta kondisi geografis kawasan Pantai Ampenan menunjukkan hasil bahwa di kawasan ini potensinya cukup besar untuk pengembangan energi arus laut.

 

Kata Kunci:  arus laut, energi listrik, karakteristik oseanografi, potensi pengembangan.

Author Biography

Baiq Liana Widiyanti, Program Studi S3 Ilmu Lingkungan, UGM
Program Studi S3 Ilmu Lingkungan, UGM

References

Burhan. (1998). Tinjauan Pengaruh Perubahan Posisi Tiang Pancang terhadap Stabilitas Konstruksi Dermaga di Pelabuhan Lembar. Laporan Akhir. Fakultas Tehnik Universitas Mataram. Nusa Tenggara Barat.

Dinas PU Kota Mataram. (2001). Peta Rencana Tata Guna Lahan Kota Mataram, Proyek Penyusunan RTRW dan Sosialisasi Tata Ruang Kota Mataram. Dokumen. Mataram: Dinas PU Kota Mataram

Lubis, S. (2010). Pembangkit Listrik Tenaga Arus laut di Dunia. Portal PPPLG. Kementerian ESDM. Jakarta.

Mufti, O. (2015). Sumber Energi arus: Alternatif pengganti BBM, ramah Lingkungan dan Terbarukan. Diakes di http://okimufti.blogspot.co.id/) [4 September 2015]

Purba, N.P., Firman, S., Wijaya, R. (2011). Energi baru dari Arus Lintas Indonesia (Arlindo),Study about New Energy from Indonesian Throughflow. Laporan Penelitian. Departemen Ilmu dan Teknologi kelautan. Universitas Padjajaran. Bandung.

Satriya, I.N.B. (2012). Tinjauan Ilmiah Pengelolaan Garis Pantai Ampenan Kota Mataram. Diakses di: http://pancor-mas.blogspot.com/2013/08/tinjauan-ilmiah-pengelolaan-garis.html. [7 Juni 2015.]

Widiyanti, B.L. (2003). Analisis Morfodinamika Pantai Ampenan, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Laporan Akhir. Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Berita online diakses di (http://nasional.vivanews.com/news/read/27975 [7 Juni 2015]

Published
2017-01-16
How to Cite
Widiyanti, B. L. (2017) “Analisis Potensi Energi Arus Laut di Pantai Ampenan, Kota Mataram, Provinsi NTB”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/336 (Accessed: 25June2024).