PERAWATAN ALAT (HEAVY EQUIPMENT) DENGAN PENJADWALAN MENGGUNAKAN METODE PREVENTIVE MAINTENANCE DI PT PURNA BAJA HARSCO

  • Heru Winarno FT-Jurusan Teknik Industri Universitas Serang Raya Banten

Abstract

Abstrak

.

PT Purna Baja Harsco adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan pabrik Baja (Mill Service), dalam pelayanannya terhadap customer perusahaan didukung oleh peralatan yang mempunyai teknologi yang canggih dan handal.Peralatan-peralatan tersebut terdiri dari berbagai jenis alat berat (Heavy Equipment). Untuk menjaga umur atau keawetan dan kehandalan dari peralatan yang digunakan bisa lebih tahan lama maka perlu adanya suatu perawatan terhadap peralatan tersebut. Tujuan Penelitian ini adalah melakukan perawatan terhadap peralatan alat berat  dengan menggunakan penjadwalan dengan metode Preventive Maintenance, penjadwalan tersebut ditentukan dengan memberikan interval jam operasi (Periodic Service) terhadap alat tersebut, interval yang diiberikan pada setiap alat adalah ± 350 jam per Periodic Service. Dalam Perawatan  pelaksanaannya tidak berjalan dengan baik, karena masih banyak penyimpangan yang besar terhadap interval waktu yang diberikan. Oleh sebab itu perlu diadakannya perbaikan dari segi penjadwalan dengan mengurangi interval waktu dan didukung dengan koordinasi dari semua pihak terkait. Hal ini  dilakukan  untuk menjaga kondisi peralatan, faktor-faktor lain pun perlu diperhitungkan dalam penentuan jadwal interval jam (Periodic Service) dari peralatan tersebut, seperti intensitas pekerjaan, beban pekerjaan, medan/ lokasi serta suhu area dan sebagainya.

 

Kata Kunci:       Preventive maintenance, Periodic Service, Heavy Equipment

 

Author Biography

Heru Winarno, FT-Jurusan Teknik Industri Universitas Serang Raya Banten

FT-Jurusan Teknik Industri Universitas Serang Raya Banten

References

Garg, HP. Industrial Maintenance. S. Chand & Company Ltd, 1997. Higgins, LR., PE. And LC. Morrow. Maintenance Engineering Handbook, S3rdedition. Mc. GrawHill Book Company.Supandi. Manajemen Perawatan Industri. Ganeca Exact Bandung. 2003Arsip perusahaan (dengan perizinan dari pihak safety control document)

Published
2017-01-16
How to Cite
Winarno, H. (2017) “PERAWATAN ALAT (HEAVY EQUIPMENT) DENGAN PENJADWALAN MENGGUNAKAN METODE PREVENTIVE MAINTENANCE DI PT PURNA BAJA HARSCO”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/354 (Accessed: 28March2024).