PEMILIHAN SUPPLIER YANG TEPAT DI UKM KERAJINAN BAMBU DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

  • Marni Astuti Program Studi Teknik Industri, Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto
  • Riani Nurdin Program Studi Teknik Industri, Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto

Abstract

Abstrak

Lingkungan persaingan industri saat ini, menuntut perusahaan mampu menghasilkan produk berkualitas dengan harga yang bersaing. Produk berkualitas adalah produk yang dapat memuaskan konsumen. Sistem supply bahan baku dan pemilihan supplier merupaakan salah satu faktor untuk memuaskan konsumen.  UKM yang berada di daerah Cebongan, Sleman  merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam pengolahan bambu. Agar mampu memproduksi suatu produk yang sesuai dengan keinginan konsumen, UKM ingin melakukan perbaikan terhadap salah satu proses bisnis yang selama ini berjalan di perusahaan, yaitu di bagian pembelian bahan baku. Dimana hal ini berkaitan dengan proses pemilihan supplier untuk pengadaan bahan baku ataupun penunjang dalam proses produksi.

Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah penyebaran kuesioner pertama untuk menentukan kriteria-kriteria dalam pemilihan supplier. Penyebaran kuesioner kedua berupa perbandingan berpasangan untuk menentukan bobot dari masing-masing kriteria, menentukan tingkat konsistensi dan menentukan prioritas alternatif.

Pada kriteria utama bobot prioritas tertinggi adalah kriteria Kualitas dengan nilai 0,465, nilai bobot tertinggi sub kriteria kualitas adalah  0,349 pada sub kriteria bentuk bambu dan alternatif Supplier tertinggi adalah Supplier A (Magelang) dengan nilai 0,501

 

Kata Kunci : Pemilihan supplier, Kriteria, Bobot

Author Biographies

Marni Astuti, Program Studi Teknik Industri, Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto
Program Studi Teknik Industri, Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto
Riani Nurdin, Program Studi Teknik Industri, Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto
Program Studi Teknik Industri, Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto

References

Choy dan Hartley (1996), An Exploration of Supplier Selection Practice Across the Supply Chain, Journal of Operation Management, Volume 14, Number 14, pp. 333-343(11), Elesevier

Evi Yuliawati, Luky Agus Hermanto, Evaluasi Skenario Koordinasi Supply Chain untuk Model Pricing dan Keputusan Order/Delivery, Jurnal Teknologi Akprind Volume 7 No. 2 2014, Yogyakarta.

Gary W Dickson, 1966, An analysis of vendor selection sistems and decisions. Journal of Purchasing, 2, pp. 5-20

Hwang, H.S., Moon, C., Chuang, C., Goan, M., 2005. “Supplier Selection and Planning Model Using AHP”. International Journal of the Information Sistems for Logistics and Management (IJISLM), Vol. 1, No. 1, pp. 47-

Kusumadewi, S. 2006. “Fuzzy Multi-Attribute Decision Making”, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Lien, C,. dan Chan, H., 2007. “A Selection Model for ERP Sistem by Applying Fuzzy AHP Approach”. International Journal of The Computer, the Internet and Management Vol. 15.No.3 (September - December, 2007) pp 58-72.

Miftakhul Jannah, Muhammad Fakhry, Rakhmawati, 2011, Pengambilan Keputusan Untuk Pemilihan Supplier Bahan Baku dengan Pendekatan Analytic Hierarchy Process di PR Pahala Sidoarjo, Jurnal Volume 3.

Miranda, ST, dan Widjaja Tunggal, Amin. Drs. AK. MBA, 2005, Manajemen Logistik dan Supply Chain Management, Penerbit Harvarindo

Saaty, Thomas.L. & Vargas, Luis G., 2012. “Models, Methods, Concepts & Application of The Analytic Hierarchy Process”., Stanford University, CA, USA.

Samuel H. Huan, Sunil K. Sheoran, Ge Wang, (2004) "A review and analysis of supply chain operations reference (SCOR) model", Supply Chain Management: An International Journal, Vol. 9 Iss: 1, pp.23 - 29

Sartin, 2008, “Pemilihan Supplier Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Multi Criteria Decision Making (Mcdm) With Promethee Dan Goal Programming Diperusahaan Azam Jaya Sidoarjo”, Skripsi, Faklutas Teknologi Industri, UPN.

William J Stevenson, 2008. “Operation Management”, McGraw-Hill

Published
2017-01-17
How to Cite
Astuti, M. and Nurdin, R. (2017) “PEMILIHAN SUPPLIER YANG TEPAT DI UKM KERAJINAN BAMBU DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/366 (Accessed: 27April2024).