PENENTUAN KAPASITAS PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN FUZZY LINEAR PROGRAMMING PADA CV. X

  • M Muchtamar Fakultas Teknik, Universitas Mulawarman
  • Fatkhul Hani Rumawan Fakultas Teknik, Universitas Mulawarman

Abstract

Abstrak

Persaingan industri saat ini yang semakin meningkat menyebabkan suatu perusahaan dituntut untuk semakin kompetitif dalam melakukan produksinya, yaitu dengan bergerak cepat, efektif dan efisien. CV. X merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang memproduksi pipa PVC (Poly Vinil Chlorida), dalam produksinya perusahaan menerapkan sistem make to stock yaitu penentuan jumlah produksinya berdasarkan kecendrungan permintaan konsumen dan juga ketersediaan produk jadi di gudang. Dengan ketidakpastian jumlah permintaan maka perusahaan memerlukan suatu metode perencanaan produksi yang optimal dengan mempertimbangkan sumber daya yang ada.

Penyelesaian yang digunakan untuk mengoptimalkan jumlah produksi yaitu dengan metode Fuzzy Linear Programming (FLP). FLP adalah salah satu pengembangan linear programming biasa untuk menyelesaikan masalah optimasi dengan konsep logika fuzzy t=1 dan t=0 yang mampu menyelesaikan ketidak pastian yang terjadi dalam dunia nyata. Dengan ketidak pastian ini maka dengan memanfaatkan sumber daya yang ada seperti ketersediaan kapasitas stasiun kerja, pemakaian bahan baku, dan jumlah permintaan serta mempertimbangkan penambahan waktu kerja dan ketersediaan bahan baku yang merupakan suatu batasan nilai.

Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan metode FLP diperoleh untuk pipa 0,5 inch memproduksi sebanyak 376.092 batang dengan keuntungan sebesar Rp 977.839.200, pipa 3 inch memproduksi sebanyak 84.900 batang dengan keuntungan sebesar Rp 1.324.440.000, dan pipa 4 inch memproduksi sebanyak 79.640 batang dengan keuntungan Rp 1.656.512.000.

 

Kata Kunci: Perencanaan Produksi, Logika Fuzzy, Fuzzy Linear Programming

Author Biographies

M Muchtamar, Fakultas Teknik, Universitas Mulawarman

Fakultas Teknik, Universitas Mulawarman

Fatkhul Hani Rumawan, Fakultas Teknik, Universitas Mulawarman

Fakultas Teknik, Universitas Mulawarman

References

Aminudin, (2005). Prinsip-Prinsiop Riset Operasi, Erlangga, Jakarta

Kusumadewi, S., 2002, Analisis Desain Sistem Fuzzy Menggunakan Toolbox Matlab, Graha Ilmu, Yogyakarta

Sinulingga, S., (2009). Perancanaan dan Pengendalian produksi, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sofyan, DJ., (2013). Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Wanayumini, (2012). Menentukan Tingkat Maksimum Dengan Teknik Artificial Intelligence Menggunakan Logika Fuzzy Linear Programming, Jurnal Teknik Perangkat Lunak Universitas Asahan, vol. 1, no. 1, hh. 2.

Published
2017-01-17
How to Cite
Muchtamar, M. and Rumawan, F. H. (2017) “PENENTUAN KAPASITAS PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN FUZZY LINEAR PROGRAMMING PADA CV. X”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/367 (Accessed: 25April2024).