Analisis Upaya Pengurangan Tingkat Getaran Tanah (ground vibration) Akibat Kegiatan Peledakan di Pit TSBC Tambang Air Laya Terhadap Perumahan Karyawan PT Bukit Asam Tbk.Tanjung Enim Sumatera Selatan

  • M. Aldi Rizandi
  • Ag. Isjudarto
  • Erry Sumarjono

Abstract

PT. Bukit Asam Tbk merupakan salah satu perusahaan tambang batubara yang wilayah penambangannya terletak di Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Kegiatan penambangan yang terjadi di PT. Bukit Asam Tbk terdiri dari penyelidikan umum, pembersihan area, pengeboran, peledakan, pemuatan serta pengangkutan bahan galian. Sistem penambangan yang digunakan di Pit Tambang Air Laya yaitu sistem tambang terbuka (Surface Mininng) dan metode open pit mining dengan kegiatan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui dampak dari adanya peledakan dan p e n g u r a n g a n tingkat getaran tanah yang membahayakan struktur bangunan serta aktivitas karyawan yang berada di lokasi sekitar. Metode menggunakan pendekatan analisis hubungan antara sekala distance dan ppv. Hasil penelitian ini yaitu terdapat Peak partikel Velocity berada di bawah rekomendasi dari SNI 7471:2010 dan juga rekomendasi dari pihak perusahaan yaitu 3 mm/s. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat getaran tanah anatara lain jumlah isian muatan peledak dan jarak pengukuran dari lokasi peledakan, Rekomendasi untuk mendapatkan nilai ppv dibawah standar ataupun sesuai dengan rancangan yang ingin di buat yaitu di bawah 0,766 mm/s. dengan hasil yang di dapatkan dari hubungan antara sd dan ppv getaran untuk mendapatkan nilai konstanta dan eksponen yang di perlukan dalam memprediksi isian muatan bahan peledak anfo yang digunakan pada peledakan selanjutny. Maka, rancanangan peledakan nilai yang di dapat pada jarak 1100 m dengan isian 40-45 kg ANFO, .isian peledakan yang optimal untuk ppv di bawah 0,766 mm/s pada jarak 1200 m adalah 40-50kg ANFO,  bahan isian yang optimal untuk ppv 0,766 mm/s pada jarak 1300 m adalah 40-60 kg dan bahan isian yang optimal untuk ppv 0,766 mm/s pada jarak 1400 m adalah 40-70 kg.

Author Biographies

M. Aldi Rizandi

Teknik Pertambangan ITNY

Ag. Isjudarto

Teknik Pertambangan ITNY

References

Ash, R.L., (1990). ‘‘ Design of Blasting Round, Surface Mining’’, B.A Kennedy, Editor, Society of Mining, Metalurgy and Exploration, Inc.

Jimeno, L.C., (1995) ‘’ Drilling and Blasting of Rocks’’ Blaskena : Roterdam, Netherlands.

SNI, Nomor 7571:2010. Baku Tingkat Getaran Peledakan pada Kegiatan Tambang Terbuka Terhadap Bangunan, Badan Standarisasi Nasional (BSN), Bandung.

Prima Yohan, 2018, Kajian Teknis Pengurangan Tingkat Getaran Tanah (Ground Vibration) Akibat Operasi Peledakan Pada Penambangan Batubara Di PT. Bukit Asam TBK, Tanjung Enim, Sumatera Selatan.
Satuan Kerja Geologi 2007, PT. Bukit Asam (Persero) Tbk. Tanjung Enim , Sumatera Selatan.
Satuan Eksplorasi dan Geoteknik 2020 , PT. Bukit Asam, Tbk., PT. Bukit Asam Tbk. Tanjung Enim, Sumatera Selatan.
Muhindra, B.R., 2017, Analisis Upaya Pengurangan Tingkat Getaran Tanah Akibat Peledakan Dengan Radius 1500 m Pada Lapisan Interburden Pit 2 Terhadap Infrastukture dan Pemukiman Warga di Sekitar P.T Bukit Asam Tbk, Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Universitas Sriwijaya, Palembang.
Published
2022-11-11
How to Cite
M. Aldi Rizandi, Ag. Isjudarto and Erry Sumarjono (2022) “Analisis Upaya Pengurangan Tingkat Getaran Tanah (ground vibration) Akibat Kegiatan Peledakan di Pit TSBC Tambang Air Laya Terhadap Perumahan Karyawan PT Bukit Asam Tbk.Tanjung Enim Sumatera Selatan”, ReTII, pp. 501–509. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/3692 (Accessed: 13June2024).