Perencanaan Peningkatan Fungsi Jembatan Dzikrul Ghofilin, Dusun Kintolan Lor, Bantul, Yogyakarta

  • SELY NOVITA SARI
  • Zulkahhar Ariga Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Jesika Dekrita Uan Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Veronica Diana Anis Anggorowati Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

Abstract

Jembatan Dzikrul Ghofilin merupakan salah satu jembtan yang ambruk karena diterpa badai cemaka pada tahun 2017, kemudian pada tahun 2019 Jembatan Dzikrul Ghofilin dibangun kembali oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Bantul. Keterbatasan dana hibah dari (BNPB), mengakibatkan aspek-aspek yang ada di Jembatan Dzikrul Ghofilin belum lengkap. Oleh karena itu, aspek-aspek Jembatan Dzikrul Ghofilin yang belum lengkap dilanjutkan perencanaannya oleh pengabdian masyarakat ITNY untuk melakukan perencanaan dari Jembatan Dzikrul Ghofilin yaitu Dinding Penahan Tanah disisi utara Jembatan Dzikrul Ghofilin. Tim pengabdian masyarakat ITNY bertujuan memberikan pendampingan dalam mengatasi persoalan yang dihadapi dalam mengembangkan pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan, terutama dalam perencanaan dinding penahan tanah yang baru. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan perancangan pembangunan DPT adalah pengambilan data sesuai dengan lokasi yang ditentukan melingkupi pengukuran dimensi dpt di lapangan, pengambilan data tanah untuk menentukan dimensi DPT yang akan direncanakan. Hasil analisis kekuatan gaya geser, kekukatan gaya dorong pada dinding penahan tanah sudah aman digunakan pada dimensi dinding penahan tanahnya dengan ukuran tinggi total DPT 4 meter, tinggi dari permukaan tanah 3 meter, lebar atas 0,3 meter, tebal dinding bawah 1 meter, Lebar total 3,5 meter, tebal telapak 1 meter, lebar heel 2,5 meter dan untuk panjang bentangan total 70 meter.

References

[1] Fadhilah, L., & Sudarno, S. (2017). Perencanaan Dinding Penahan Tanah Untuk Perbaikan Longsor di Ruas Jalan Balerejo Kalegen. Reviews in Civil Engineering, 1(1)
[2] BPBD, 2022. BPBD Kabupaten Bantul, URL: https://bpbd.bantulkab.go.id/hal/sejarah-pembentukan
[3] Bachtiar, A. A. (2022). Perencanaan Dinding Penahan Tanah Untuk Perbaikan Longsor di Ruaas Jalan Wahyu Hartopo Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB)
[4] Joseph E. Bowles, 1988, Analisis Dan Desain Pondasi, Edisi keempat, Jilid 2, Penerbit Erlangga, Jakarta.
[5] Das Braja. M. 1995, Mekanika Tanah,Jilid 2, Penerbit Erlangga, Jakarta.
[6] Joseph E. Bowles, 1988, Analisis Dan Desain Pondasi, Edisi keempat, Jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Published
2022-11-11
How to Cite
SARI, S. N., Zulkahhar Ariga, Jesika Dekrita Uan and Veronica Diana Anis Anggorowati (2022) “Perencanaan Peningkatan Fungsi Jembatan Dzikrul Ghofilin, Dusun Kintolan Lor, Bantul, Yogyakarta”, ReTII, pp. 105-111. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/3709 (Accessed: 27April2024).