Kajian Teknis Geometri Jalan Angkut Tambang Pada Kegiatan Pengupasan Overburden PT. Bara Prima Pratama Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau

  • Dede Yusup ITNY
  • Hendro Purnomo Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Bayurohman Pangacella Putra Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

Abstract

  1. Bara Prima Pratama merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan batubara yang terletak di Desa Selensen, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Kondisi geometri jalan angkut PT. Bara Prima Pratama masih memiliki beberapa bagian atau segmen jalan yang belum ideal, hal ini mempengaruhi kegiatan produksi overburden sehingga target produksi yang telah ditentukan tidak tercapai yaitu 150.000 BCM/Bulan. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan perbaikan geometri jalan seperti pelebaran lebar jalan angkut, menurunkan kemiringan jalan yang tidak sesuai dengan standar, pembuatan superelevasi dan cross slope untuk dapat menentukan rimpull agar mendapatkan perhitungan teoritis estimasi cycle time dan produksi alat angkut setelah dilakukannya perbaikan jalan sehingga target produksi dapat tercapai. Pada kondisi geometri jalan aktual atau sebelum perbaikan diperoleh cycle time sebesar 6,74 menit dan produktivitas alat angkut Hino 500 FM 260 sebesar 130.787,96 BCM/Bulan. Setelah dilakukan perbaikan geometri jalan, dengan menggunakan analisis rimpull dapat diestimasikan cycle time mengecil menjadi 5,68 menit dan produktivitas alat angkut Hino 500 FM 260 meningkat menjadi 155.195,58 BCM/Bulan. Sehingga produktivitas alat angkut meningkat sebesar 18,7%.

References

[1] Halawa, A. Analisa Geometri Jalan Angkut Guna Meningkatkan Cycle Time Dan Produktivitas Alat Angkut Pada Kegiatan Pengupasan Overburden Dari Front Pengupasan Ke Disposal Area Pada Kegiatan Penambangan Batubara. Jurnal Sains dan Teknologi ISTP. 2021; 16(1): 90-103.
[2] Hustrulid, W. dan Kuchta, M. Open Pit Mine and Design, Vol 1: Fundamentals. Rotterdam: A.A. Balkema. 2013.
[3] Indonesianto, Y. Pemindahan Tanah Mekanis. Yogyakarta: Teknik Pertambangan, UPN Veteran Yogyakarta. 2014.
[4] Prodjosumarto, P. Pemindahan Tanah Mekanis. Bandung: Institut Teknologi Bandung. 1993.
[5] Putra, R. N., & Kasim, T. Evaluasi Teknis Geometri Jalan Angkut Produksi Sebagai Upaya Percapaian Target Produksi Batubara 20000 ton/bulan di Tambang Terbuka PT. Allied Indo Coal Jaya (AICJ), Perambahan, Kecamatan Talawi, Kota Sawalunto, Sumatera Barat. Bina Tambang. 2019; 4(3): 77-88.
[6] Riyanto, T., Triantoro, A., Riswan, R., & Olla, Y. D. Evaluasi Jalan Tambang Berdasarkan Geometri dan Daya Dukung pada Lapisan Tanah Dasar Pit Tutupan Area Highwall. Jurnal Himasapta. 2019; 1(02).
[7] Suwandhi, A. Perencanaan Jalan Tambang. Diklat Perencanaan Tambang Terbuka. Bandung: UNISBA. 2004.
Published
2022-11-11
How to Cite
Dede Yusup, Hendro Purnomo and Bayurohman Pangacella Putra (2022) “Kajian Teknis Geometri Jalan Angkut Tambang Pada Kegiatan Pengupasan Overburden PT. Bara Prima Pratama Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau”, ReTII, pp. 652–663. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/3729 (Accessed: 25April2024).