Perancangan Aplikasi Pencarian Tempat Wisata Berbasis Lokasi Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) (Studi Kasus : Kabupaten Minahasa)

  • Kenneth Yosua Palilingan Universitas Atmajaya, Yogyakarta
  • Alb. Joko Santoso Universitas Atmajaya, Yogyakarta
  • F. L. Sapty Rahayu Universitas Atmajaya, Yogyakarta

Abstract

Perkembangan pariwisata banyak memberi dampak positif bagi daerah tujuan wisata. Saat ini hampir seluruh wilayah di Indonesia menjadikan pariwisata sebagai tulang punggung perekonomian, termasuk juga Kabupaten Minahasa. Untuk mengatur agar pariwisata di Kabupaten Minahasa menjadi lebih baik adalah tanggung jawab dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa, namun permasalahan yang timbul adalah, banyaknya objek wisata di Kabupaten Minahasa, sekitar 200 objek wisata, yang menyebabkan wisatawan sulit untuk mengetahui lokasi setiap objek wisata. Dan permasalahan lainnya adalah data tempat-tempat pariwisata yang tersedia di Dinas Kebudayaaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa hanya berupa tabel-tabel, tidak online, dan bukan merupakan data spasial, itu menyebabkan data sulit di update dan juga membuat wisatawan susah untuk mengetahui lokasi tempat-tempat wisata di Kabupaten Minahasa. Untuk itu penelitian ini dibuat, yaitu merancang Aplikasi Pencarian Tempat Wisata Berbasis Lokasi Menggunakan Metode User Centered Design (UCD, yang bisa menginventaris data-data tempat-tempat wisata secara digital dan lokasi tempat-tempat wisata di kabupaten Minahasa dan juga memberikan informasi lokasi tempat-tempat wisata di Kabupaten Minahasa dan juga memberikan navigasi kepada wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode User Centered Design (UCD), yaitu metode yang berpusat pada melibatkan pengguna pada setiap tahap pengembangan aplikasi, yang terdiri dari 5 tahap yaitu plan the human-centered design process, Understand Specifying the Context of Use, Specifying the User Requirements, Produce Design Solution, dan Evaluating The Design.

 

Kata Kunci: layanan lokasi, minahasa, pariwisata, UCD, User Centered Design.

Author Biographies

Kenneth Yosua Palilingan, Universitas Atmajaya, Yogyakarta
Universitas Atmajaya, Yogyakarta
Alb. Joko Santoso, Universitas Atmajaya, Yogyakarta
Universitas Atmajaya, Yogyakarta
F. L. Sapty Rahayu, Universitas Atmajaya, Yogyakarta
Universitas Atmajaya, Yogyakarta

References

Alshattnawi, S. (2013). Building Mobile Tourist Guide Applications using.

Different Development Mobile Platforms. International Journal of Advanced Science and Technology.

Devi, R. (2012). A Working Framework for Ucer Centered Design Approach and a survey of available methods. International Journal of Scientific and Research Publications.

ISO 9241-210. (2010). ISO.

Jagadish, R. (2014). User centered design of an Iphone application for women business travelers. Uppsala Universitet.

Minahasa, D. K. (2014). Data Potensi Pariwisata.

Rathore, M., & Rathore, N. (2013). An Implementation Of Android Mobile Based Location. International Journal of Soft Computing and Artificial Intelligence.

Published
2017-01-17
How to Cite
Palilingan, K. Y., Santoso, A. J. and Rahayu, F. L. S. (2017) “Perancangan Aplikasi Pencarian Tempat Wisata Berbasis Lokasi Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) (Studi Kasus : Kabupaten Minahasa)”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/375 (Accessed: 26April2024).