APLIKASI JEBAKAN MODEL RANGKA BESI BERSELIMUT JARING UNTUK MENANGKAP RAJUNGAN DAN IKAN

  • S sarwoko Program Diploma III Teknik Perkapalan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
  • Seno Darmanto Program Diploma III Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Diponegoro2

Abstract

Kegiatan pengabdian aplikasi jebakan model persegi tak permanen berangka besi tahan korosi dan anyaman benang dilakukan untuk menyempurnakan peralatan penangkap rajungan dan ikan dasar laut. Dan untuk penyempurnaan alat tangkap tersebut, tim pengabdian menyusun langkah kerja atau kegiatan pengabdian meliputi pemahaman dan pendalaman ikan rajungan dan ikan dasar laut, teknik dan peralatan penangkapan rajungan dan ikan dasar laut,  pemahaman dan pendalaman alat penangkapan rajungan dan ikan, rancang bangun jebakan model kerangka tak permanen dan pelaksanaan di kelompok nelayan. Desain kerangka tak permanent (lipat) untuk jebakan ikan pada dasarnya terdiri tiga komponen utama yakni rangka dasar, rangka diagonal dan rangka tegak. Ketiga komponen akan terhubung secara permanen dengan ukuran ruang 50 cm x 25 cm x 13 cm dan dapat bergerak atau dilipat sehubungan sambungan tersebut merupakan jenis sambungan suaian longgar.

Kata kunci: rajungan, ikan, jebakan, jaring/net dan nelayan

Author Biographies

S sarwoko, Program Diploma III Teknik Perkapalan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Program Diploma III Teknik Perkapalan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Seno Darmanto, Program Diploma III Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Diponegoro2

Program Diploma III Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Diponegoro2

References

Fitri, A.D.P. dan Khohar, A., 2004, ‘’Analisis Trap Net Sebagai Alat Penangkap Ikan Hias Karang Ramah Lingkungan Di Perairan Karimun’’, Repository, Documentation, Universitas Diponegoro.

Mukhtar, A.Pi. M,Si,’’ Mengenal Alat Penangkap Ikan’’, Dosen Fakultas Perikanan Universitas Muhammadiah Kendari, Kepala SMKS Kelautan dan Perikanan Kendari, Petugas Cek Fisik dan Dokumen Kapal Perikanan, Pembina Yayasan Pelestarian Laut dan Pantai - Marine And Coastal Conservation Foundation Kendari, Penyidik Kasus-Kasus Perikanan, Pemerhati masalah Illegal Fishing dan Moderator Forum Illegal Fishing Indonesia). Email : mukhtar_api@yahoo.co.id , Blog : http://mukhtar-api.blogspot.com ).

Mulkan, 2012,’’ Wawancara: Pejabat Kelurahan dan Ketua Nelayan Mino Samudro’’, Survey Langsung di Kelompok Nelayan Mino Samudro.

NN, 2010,’’klasifikasi Rajungan’’, Blog pada WordPress.com.

NN, Humas BPPP Aertembaga Bitung’’,

Samma, M.Z., 2011,’’Transfer Teknologi Set-net di Bone’’ Selasa, 18 Oktober 2011, Kategori Artikel Penyuluhan.

Sarjono, 2012,’’ Wawancara: Ketua Kelompok Nelayan Mino Samudro’’, Survey Langsung di Kelompok Nelayan Mino Samudro.

Published
2017-01-17
How to Cite
sarwoko, S. and Darmanto, S. (2017) “APLIKASI JEBAKAN MODEL RANGKA BESI BERSELIMUT JARING UNTUK MENANGKAP RAJUNGAN DAN IKAN”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/381 (Accessed: 25April2024).