ANALISIS KEPUASAN PENUMPANG PEMEGANG KARTU GARUDA FREQUENT FLYER (GFF) PLATINUM (DI BANDAR UDARA INTERNASIOAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA)

  • Sri Mulyani STT Adisutjipto Yogyakarta
  • Dwi Hartini STT Adisutjipto Yogyakarta

Abstract

Passenger Service Assistance (PSA) adalah pelayanan tambahan yang diberikan Garuda Indonesia di bandara. Petugas PSA Garuda Indonesia akan membantu penumpang, memastikan kemudahan dan kenyamanan penumpang, baik saat keberangkatan maupun kedatangan, dengan beberapa masalah yang sering dihadapi penumpang yang berhubungan dengan pelayanan maka, penelitian dibuat dengan tujuan untuk Mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan terbaru Passenger Service Assistant (PSA) bagi penumpang Bisnis Class dan pemegang kartu GFF Platinum dan efektitas layanan terbaru Passenger Service Assistant  (PSA)  ini  bagi  penumpang  bisnis  class  dan  pemegang  kartu  GFF Platinum Garuda Indonesia

Metode Penelitian dengan melakukan observasi langsung di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta dan Metode analisis data yang digunakan adalah data kuantatif karena data yang didapat berupa bilangan, nilainya bisa berubah-ubah atau bersifat variatif.

Tingkat kepuasan penumpang bisnis dan penumpang pemegang kartu GFF Platinum terhadap layanan terbaru Passenger Service Assistance (PSA) yang diberikan oleh maskapai Garuda Indonesia kepada penumpang bisnis class dan pemegang kartu GFF platinum di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta sudah puas atas layanan premium tambahan yang diberikan oleh Garuda Indonesia kepada mereka dan mereka mengharapkan adanya layanan tambahan yang diberikan kepada penumpang khususnya penumpang  Bisnis  Class dan Pemegang kartu GFF platinum sebagai  bentuk loyalitas mereka kepada maskapai Garuda Indonesia karena Garuda Indonesia adalah salah perusahaan jasa yan

g berbasis konsep layanan penuh (Full Service). Dan diharapkan Garuda Indonesia dapat terus meningkatkan pelayanan mereka baik itu dari sisi pelayanan Pre flight service, In flight Service, dan sampai post flight service]

 

Kata Kunci: PSA,GFF, Garuda Indonesia

Author Biographies

Sri Mulyani, STT Adisutjipto Yogyakarta
STT Adisutjipto Yogyakarta
Dwi Hartini, STT Adisutjipto Yogyakarta
STT Adisutjipto Yogyakarta

References

Arisutha, Damartaji, 2005. Dimensi Kualitas

Pelayanan. Penerbit Gramedia Pustaka, Jakarta.

Barata, Atep. D., 2001. Pelayanan Prima. Elex Media

Komputindo, Jakarta.

Dekker, A. Steven, 2001. Measure Service Quality: Reexamination and Extension. Journal of Marketing. Vol. 56. July, 55-68. (Diterjemahkan oleh Sutanto).

Engel, James, 1990. (Diterjemahkan oleh Purwoko) Satisfaction; A Behavioral Perspective On The Consumer. Mc-Graw Hill Companies Inc., USA.

Gaspersz, Vincent, 2003. Manajemen Bisnis Total - Total Quality Management. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Gronroos, Michael, 1990. Perceived Service Quality Model. Published Ohio University Press, California.

Syamsuddin, 1999. Kepuasan Konsumen dalam

Pemasaran Jasa. Penerbit Tarsito, Bandung.

Tirtomulyo, Abadi, 1999. Peningkatan Kepuasan Konsumen dalam Tinjauan Pemasaran Jasa. Penerbit Rajawali Press, Jakarta.

Tjiptono, Fandy, 2004. Kepuasan dalam Pelayanan.

Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Tulus W, 2006. Statistik, Penerbit Universitas

Muhammadiyah Malang.

Wardani S, 2000. Airport Engieering. Penerbit Teknik

Sipil UGM.

Yong, C.Z., Yun, Y.W., Loh, L., 2003. (Diterjemahkan oleh Sutanto). The Quest for Global Quality. Pustaka Delapratasa, Jakarta.

Zeithaml, Bitner, 1990. (Diterjemahkan oleh Purwoko) The Concept of Customer Satisfaction. The McGraw-Hill Companies. Inc. USA

Published
2017-01-17
How to Cite
Mulyani, S. and Hartini, D. (2017) “ANALISIS KEPUASAN PENUMPANG PEMEGANG KARTU GARUDA FREQUENT FLYER (GFF) PLATINUM (DI BANDAR UDARA INTERNASIOAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA)”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/383 (Accessed: 24April2024).