Sistem Otomasi Pemberian Nutrisi Berdasar Suhu dan Kelembaban Green House Paprika Berenergi Tenaga Surya

  • E Ekojono Politeknik Negeri Malang
  • Andriani Parastiwi Politeknik Negeri Malang

Abstract

Paprika merupakan komoditi yang mempunyai pasar khusus dengan harga khusus pula. Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasil paprika dengan kuantitas produksi yang dapat dikatakan berhasil, antara lain adalah sumber daya manusia, manajemen kebun, sistem irigasi, benih, media tanam dan peralatan pendukung lainnya. Permasalahan sistem irigasi yang digunakan untuk memberikan nutrisi pada tanaman paprika yang dibudidayakan di green house merupakan permasalahan utama karena nutrisi yang harus diberikan mahal harganya. Sistem otomasi pemberian nutrisi berdasarkan suhu dan kelembaban pada green house paprika telah dapat memberikan nutrisi melalui sistem irigasi dengan takaran yang tepat sesuai yang dibutuhkan. Pemberian nutrisi dilakukan 5 kali sehari dengan pengaliran diset minimal 10 menit dan maksimal untuk mendapatkan kelembaban 80%. Energi tenaga surya dengan solar panel PolyChrystalline 100WP telah dapat digunakan untuk mencukupi pemompaan nutrisi pada green house paprika untuk 2000 pohon.

 

 

Kata Kunci: otomasi, nutrisi, paprika, tenaga surya, suhu.

Author Biographies

E Ekojono, Politeknik Negeri Malang
Politeknik Negeri Malang
Andriani Parastiwi, Politeknik Negeri Malang
Politeknik Negeri Malang

References

Guerbaoui, M. et al. (2013). PC-Based

Automated Drip Irrigation System. International Journal of Engineering Science and Technology. [Online]. Diakses di: http://www.ijest.info /docs/IJEST13-05-

-042.pdf [6 Februari 2014

Muñoz-Carpena, R and Dukes, M. (2011).

Automatic Irrigation Based on Soil Moisture for Vegetable Crops. [Online]. Diakses di: http://edis.ifas.ufl.edu/ pdffiles/ae/ ae35400.pdf [10Maret2014].

Shock, C. (2006). Drip Irrigation: An Introduc- tion. Sustainable Agriculture Technique. [Online]. Diakses di: http://oregonstate.edu

/catalog/pdf/em/em8782-e.pdf

April2014]

Published
2017-01-17
How to Cite
Ekojono, E. and Parastiwi, A. (2017) “Sistem Otomasi Pemberian Nutrisi Berdasar Suhu dan Kelembaban Green House Paprika Berenergi Tenaga Surya”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/391 (Accessed: 25April2024).