Sistem Pengukuran Kanal MIMO 2x2 Pada Domain Waktu Menggunakan USRP NI2922

  • Martianda Erste Anggraeni Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Puji Handayani Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Abstract

Pengetahuan yang tepat mengenai kondisi kanal MIMO sangat penting untuk mengevaluasi kinerja sistem komunikasi MIMO. Untuk mengetahui kondisi kanal MIMO di lingkungan yang realistis diperlukan pengukuran respon impuls. Salah satu teknik pengukuran respon impuls propagasi kanal radio menggunakan PN (pseudorandom noise) sequence yang bekerja pada domain waktu. Dengan bekerja pada domain waktu maka kerumitan perhitungan matematis yang dibutuhkan dalam menganalisa suatu sistem dapat berkurang. Pada penelitian ini diulas sistem pengukuran kanal MIMO 2x2 pada domain waktu menggunakan USRP NI2922 pada frekuensi 2,4 GHz. Respon impuls kanal MIMO diperoleh melalui korelasi silang data Inphase dan Quadrature hasil pengukuran dengan sinyal yang telah dibangkitkan di transmitter. Proses eliminasi efek noise untuk mendapatkan sinyal asli dilakukan dengan metode Sousa meliputi thresholding, cek konsistensi dan cek impuls tetangga. Hasil pengukuran kanal MIMO dengan satu dinding sebagai penghambur menunjukkan bahwa dengan sampling rate alat sebesar 33,33 MHz, perangkat mampu memisahkan dua komponen sinyal yang memiliki interval delay ≥ resolusi delay (60 ns).

 

Kata Kunci: korelasi silang, multiple-input multiple-output, respon impuls.

Author Biographies

Martianda Erste Anggraeni, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Puji Handayani, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

References

A. Goldsmith (2004).Wireless Communication. Cambridge University Press, England

T. Lo, J. Litva, dan H. Leung (1994). A new approach for estimating indoor radio propagation characteristics.IEEE Trans. Antennas Propagat., vol.42, no. 10, pp. 1369{1376.

A. V. D. Veen, M. Vanderveen, dan A. Paulraj. (1997). Joint angle and delay estimation using shift-invariance properties. IEEE Signal ProcessingLett., vol. 4, pp. 142-145.

M. Zoltowski, M. Haardt, dan C. Mathews. (1996). Closed-form 2-D angle estimation with rectangular arrays in element space or beamspace via unitary ESPRIT.IEEE Trans. Signal Processing., vol. SP-44, pp.316{328.

T. S. Rappaport. (2002).Wireless Communications. United States of America: Pentice-Hall, Inc.

Elvino S. Sousa. (1994). Delay Spread Measurements for the Digital Cellular Channel in Toronto.IEEE Transactions on Vehicular Technology, Vol 43, No. 4

Published
2017-01-17
How to Cite
Anggraeni, M. E. and Handayani, P. (2017) “Sistem Pengukuran Kanal MIMO 2x2 Pada Domain Waktu Menggunakan USRP NI2922”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/393 (Accessed: 28March2024).