Analisa Keamanan Situs Terhadap Serangan SQL Injection Di Universitas Kristen Maranatha

  • Marvin Chandra Wijaya Program Studi Sistem Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Kristen Maranatha

Abstract

Sebuah situs resmi (official website) bukan hanya sebagai tempat promosi suatu institusi, tetapi situs resmi merupakan sebuah identitas dari instutusi tersebut. Situs resmi merupakan jati diri atau merupakan cermin dari citra institusi tersebut. Dalam situs tersebut akan berisi identitas diri dari instiutusi tersebut, profil, kegiatan-kegiatan, berita, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu sebuah situs resmi harus dijaga sedemikian rupa terhadap serangan-serangan di dalam dunia maya. Situs resmi tersebut dapat ditempat dan dikelola oleh pihak ketiga. Yaitu pihak yang menyediakan jasa hosting website. Selain itu juga sebuah institusi dapat mengelola sendiri situs resmi tersebut. Dengan pengelolaan sendiri maka akan banyak sekali kebebasan dan fasilitas yang dapat diberikan dalam sistem tersebut. Namun dengan pengelolaan sendiri, maka tantangan untuk menjaga situs dan sistem informasi yang dibuat menjadi hal sangat krusial.

Universitas Kristen Maranatha sudah sejak lama mempunyai sistem informasi yang dikelola oleh Departement Informasi Maranatha dalam pengelolaan trafik data keluar dan masuk melalui saluran internet.

 

Kata Kunci: Keamanan Informasi, Situs, SQL Injection

 

 

Author Biography

Marvin Chandra Wijaya, Program Studi Sistem Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Kristen Maranatha

 

Program Studi Sistem Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Kristen Maranatha

References

Anley, C., (2002), Advanced SQL Injection in SQL Server Applications. An NGSSoftware Insight Security Research (NISR) Publications: Next Generation Security Software Ltd.

Baryamureeba,V., Tushabe, F.,( 2004), The Enhanced Digital Investigation Process Model. Proceedings of the Fourth Digital Forensic Research Workshop, May 27.

Clarke, J., 2009, SQL Injection Attacks and Defense. Burlington: Syngress Publishing and Elseiver.

Published
2017-01-17
How to Cite
Wijaya, M. C. (2017) “Analisa Keamanan Situs Terhadap Serangan SQL Injection Di Universitas Kristen Maranatha”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/394 (Accessed: 19April2024).