Perancangan Butler matrix 4x4 pada Frekuensi 1,27 GHz untuk Aplikasi Synthetic Aperture Radar (SAR)

  • Nur Kamila Fakultas Teknik Elektro,Universitas Telkom Bandung
  • Bambang Setia Nugroho Fakultas Teknik Elektro,Universitas Telkom Bandung
  • Budi Syihabuddin Fakultas Teknik Elektro,Universitas Telkom Bandung

Abstract

Synthetic aperture radar (SAR) adalah teknologi radar yang dikembangkan untuk mengatasi keterbatasan optical camera yang lebih dahulu digunakan untuk aplikasi penginderaan permukaan bumi dalam jarak jauh (remote sensing). SAR menyajikan informasi dalam bentuk citra atau gambar (radar imaging) yang memanfaatkan prinsip kerja gelombang elektromagnetik yang bekerja pada frekuensi 1,265GHz – 1,275GHz sebagai sarana pengambilan data agar dapat dioperasikan dalam segala cuaca baik siang ataupun malam.  Untuk mendapatkan hasil yang akurat dibutuhkan pengarahan berkas antena yang tepat dan fokus . Masalah pengarahan berkas antena dapat diatasi dengan teknik pembentukan pola radiasi atau biasa dikenal dengan beamforming. Beamforming bisa dilakukan dengan menambahkan pencatu pada antena, salah satu pencatu antena yang dapat membentuk 2 arah berkas adalah hybrid 90°. Apabila diinginkan lebih dari 2 arah berkas, pencatu antena pembentuk banyak arah yang dapat digunakan, diantaranya adalah Rotman Lens, Blass matriks atau Butler Matrix. Butler Matrix memiliki kelebihan diantara ketiga pembentuk banyak arah berkas, karena lebih sederhana dan membutuhkan jumlah pengkopel hybrid 90° yang lebih sedikit sehingga dapat mengurangi dimensi. Pada penelitian ini dirancang Butler matrix 4x4 pada frekuensi 1,27 GHz untuk diaplikasikan pada Synthetic aperture radar (SAR). Adapun komponen penyusunnya terdiri dari 4 hybrid 90°, 1 crossover dan 2 phase shifter 45˚ dibuat menggunakan microstrip dengan jenis substrat FR4 Epoxy dengan ketebalan 1,6 mm. Butler matrix 4x4 yang dirancang pada frekuensi 1,27 GHz menggunakan software ADS menghasilkan return loss dan isolation ≤-10dB, insertion loss  ≥-10dB dan kesalahan fasa ≤ 10˚.

 

Kata Kunci: Beamforming, Butler matrix 4x4, Synthetic aperture radar

Author Biographies

Nur Kamila, Fakultas Teknik Elektro,Universitas Telkom Bandung

Fakultas Teknik Elektro,Universitas Telkom Bandung

Bambang Setia Nugroho, Fakultas Teknik Elektro,Universitas Telkom Bandung

Fakultas Teknik Elektro,Universitas Telkom Bandung

Budi Syihabuddin, Fakultas Teknik Elektro,Universitas Telkom Bandung

Fakultas Teknik Elektro,Universitas Telkom Bandung

References

Agustian Putra, Deny. Desain Dan Realisasi Wideband Butler Matrix4x4 Untuk Switched Beam Adaptive Antenna. Bandung. Penelitian S1 Jurusan Teknik Telekomunikasi IT Telkom. 2011.

Hamza Nachouane*, Abdellah Najid, Abdelwahed Tribak, Fatima Riouch. Broadband 4x4 Butler MatrixUsing Wideband 90∘ hybrid Couplers and Crossovers for Beamforming Networks. National Institute of Posts and Telecommunications Rabat, Morocco.

Junaedi, Achyar. 2011. Perancangan dan Realisasi Compact Butler Matrix 4x4 pada Frekuensi 2,4 GHz. Penelitian S1 Jurusan Teknik Telekomunikasi IT Telkom.

Moleria, Alberto. Iraola, Paul Prats, dkk. A Tutorial on Synthetic Aperture Radar.Microwaves and Radar Institute of The German Aeorospace Center (LDR). Germany. 2013

Ningsih, Yuli Kurnia. Pengkopel Hibrib 90° Mikrostrip Non Linier Pita Lebar dan Aplikasinya pada Butler Matrixuntuk Antena dengan Banyak Arah Berkas pada X-Band. Disertasi S3 Jurusan Tenik Eleltro Universitas Indonesia. Depok. 2011.

Pamungkas, Adiyanto. 2010. Perancangan dan Realisasi Butler Matrix4x4 pada Frekuensi 2,3 GHz untuk Aplikasi Mobile Wimax. Penelitian S1 Jurusan Teknik Telekomunikasi IT Telkom.

Pozar, David M. Microwave Engineering 4th Edition. Amherst. 2012.

Riyadi, Taufik Prihananto. Design And Realization Of Dual Phase Shifter Butler Matrix 4x4 Using Pin Diode Switched-Line Methode. Bandung. Penelitian S1 Teknik Telekomunikasi IT Telkom. 2013.

Wriddhi Bhowmik, Shweta Srivastava. Optimum Design of a 4x4 Planar Butler MatrixArray for WLAN Application. Journal Of Telecommunications, Volume 2, Issue 1, April2010.

Published
2017-01-17
How to Cite
Kamila, N., Nugroho, B. S. and Syihabuddin, B. (2017) “Perancangan Butler matrix 4x4 pada Frekuensi 1,27 GHz untuk Aplikasi Synthetic Aperture Radar (SAR)”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/398 (Accessed: 18April2024).