Teletrafik Sistem Berbagi Pada Aliran Internet

  • Yenni Astuti Teknik Elektro, Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto

Abstract

Salah satu kebutuhan penting manusia adalah Internet. Komunikasi antara manusia yang satu dengan lainnya menjadi semakin mudah dengan adanya teknologi ini. Komunikasi yang dimaksud dalam berupa suara, gambar, maupun video. Kualitas layanan yang baik untuk sisi pengguna tentu saja menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi. Seiring dengan itu, dari sisi penyedia layanan, peningkatan kebutuhan komunikasi membutuhkan beban trafik yang terkelola dengan baik. Penelitian ini mengamati hubungan kapasitas sistem, beban trafik, dan kualitas layanan pada institusi “A”. Metode yang digunakan adalah dengan pengamatan dan statistik. Pengamatan dilakukan selama kurun waktu tertentu. Selama rentang waktu satu jam tersebut, diamati jumlah pengguna aliran dari detik ke detik. Dari hasil penelitian ini dapat diperoleh simpulan bahwa secara umum kapasitas server STTA masih dikatakan baik dengan rerata 25 pengguna per detik dan rerata nilai kualitas layanan 0,7.

 

Kata Kunci: internet, kapasitas, sistem berbagi, teletrafik

Author Biography

Yenni Astuti, Teknik Elektro, Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto

Teknik Elektro, Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto

References

Eittenberger, P.M, Krieger, U.R, Markovich, N.M, (2012), Teletraffic Modelling of Peer-to-Peer Traffic. Proceedings of the 2012 Winter Simulation Conferences (WSC), p.1-12.

Introduction to Teletraffic Theory, [Online], Diakses di http://www.netlab.tkk.fi/opetus/s381145/k07/lectures.shtml [2 Februari 2013]

Logothetis, M.D. Moscholios, I.D, (2014). Teletraffic Models Beyond Erlang. ELEKTRO, IEEE, p.10-15.

Published
2017-01-17
How to Cite
Astuti, Y. (2017) “Teletrafik Sistem Berbagi Pada Aliran Internet”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/410 (Accessed: 26April2024).