Keandalan Kontroler Internal Model Control pada Pengendalian Kolom Distilasi terhadap Pengaruh Gangguan

  • W Wahyudi Universitas Diponegoro
  • Bayu Bagas Wara Universitas Diponegoro
  • Budi Setiyono Universitas Diponegoro

Abstract

Kolom distilasi sangat penting dalam industri kimia dan perminyakan. Gangguan yang muncul pada proses distilasi seringkali menyebabkan produk distilasi tidak mempunyai kemurnian tinggi. Kolom distilasi membutuhkan metode kontrol yang mampu menghilangkan pengaruh gangguan.IMC adalah metode kontrol yang mampu menolak gangguan dengan baik karena adanya model proses yang dibandingkan dengan model proses itu sendiri. Penelitian ini bertujuan melihat respon metode IMC 1 Degree Of Freedom yang digunakan untuk mengendalikan plant kolom distilasi biner Wood & Berry MIMO 2x2 terhadap pengaruh gangguan dengan sinyal uji step dan band limited white noise.Variabel yang dikontrol dalam kolom distilasi adalah konsentrasi produk atas dan produk bawah dengan memanipulasi variabel laju aliran reflux dan laju steam pada reboiler.Variabel gangguan yang mempengaruhi proses adalah laju aliran umpan dan konsentrasi umpan. Model proses pada perancangan IMC 1 DOF menggunakan asumsi model sempurna dan mengikuti aturan perancangan MIMO IMC. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada pengujian dengan sinyal uji step kontroler IMC mampu meredam efek gangguan dan mengembalikan respon sistem ke dalam kondisi steady state. Pada pengujian dengan sinyal uji band limited white noise didapatkan hasil kontroler tidak mampu membawa respon sistem ke dalam kondisi steady state karena sistem terus berosilasi.

 

Kata kunci: Kolom Distilasi, IMC, MIMO, gangguan.

References

A.Vasikaninova, M.Basokova, and M.Karsiova, “Cascade Fuzzy Logic Control of A Distillation Column,” in proceeding 16th International Conference Process Control 2007.

R. K. Mishra, R. Khalkho, B. Kumar, and T. K. Dan, “Effect of Tuning Parameters of a Model Predictive Binary Distillation Column”, Department of Electronics and Communication Engineering National Institute of Technology, pp. 3–8, 2013.

C. Brosilow and B. Joseph “Techniques of Model Based Contro,” Prentice Hall, New York, April 2002.

Wood R. K. And Berry M. W.,” Terminal Composition Control of a BinaryDistillationColumn”, M.S Thesis, University of Alberia,1973.

A. H. Devikumari and V. Vijayan, “Decentralized PID Controller Design for 3x3 Multivariable System using Heuristic Algorithms,” Indian Journal of Science and Technology, vol. 8, no. July, pp. 1–6, 2015.

N. Anwar, “A PID controller design in 2DOF - IMC structure for integrating processes with dead - time,” ANCONIB, Hiroshima, 2014.

M. Baqir, and C. B. Pamungkas, “DESAIN PENGENDALI SISTEM MIMO 2x2 DENGAN METODE IMC PADA FUNGSI TRANSFER PROSES KOLOM DISTILASI WOOD & BERRY (FOPDT),” JURNAL TEKNIK POMITS, vol. 2, no. 1, 2013.

A.K. Sharma, A. Electronics, and I. Engineering, “Model-based Approach of Controller Design for a FOPTD System and its Real Time Implementation,” IOSR Journal of Electrical and Electronics Engineering, vol. 8, no. 6, pp. 21–26, 2013.

JB.Pathel “Multiple-Input, Multiple-Output (MIMO) Process Control.”Handout, Institut of Technology Nirma University,Ahmedabad, 2015.

Published
2017-02-20
How to Cite
Wahyudi, W., Wara, B. B. and Setiyono, B. (2017) “Keandalan Kontroler Internal Model Control pada Pengendalian Kolom Distilasi terhadap Pengaruh Gangguan”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/413 (Accessed: 25April2024).