Keefektifan Komunikasi Pembelajaran Melalui Penggunaan Animasi E-Learning

  • Nurcahyani Dewi Retnowati STTA Yogyakarta
  • Daru Retnowati
  • Mahmuda Ghazni Rahmawan STTA Yogyakarta

Abstract

Pembelajaran melalui penggunaan animasi E-Learning dapat menjadi suatu sarana belajar mengajar dengan menggunakan aplikasi elektronik, media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain. Selain komputer dan jaringan internet, yang berperan dalam e-learning adalah brainware yaitu yang membuat konten (tulisan, gambar, video, animasi) dan pemakai/pengguna e-learning (guru dan siswa/i). Perlu diperhatikan dalam membuat animasi e-learning adalah isi konten yang dimasukkan harus sesuai dengan kurikulum yang yang digunakan oleh sekolah agar bisa dipakai untuk proses belajar dan mengajar di sekolah. Pembuatan animasi pembelajaran dengan menggunakan blueprint karakter kemudian dilakukan pemodelan dan animasi. Mata pelajaran yang digunakan dalam animasi pembelajaran ini adalah Matematika dan Fisika. Software yang digunakan dalam pembuatan aplikasi pembelajaran yaitu 3ds Max 2010, Adobe Premiere Pro CC, Adobe After Effect. Analisis pengujian keefektifan komunikasi pembelajaran menggunakan kuosioner dan perhitungannya menggunakan skala likert yang menunjukan persentase sebesar 69,83%, hasil analisis tersebut membuktikan bahwa dengan menggunakan animasi e-learning kegiatan belajar mengajar di kelas menjadi lebih efektif.

Kata Kunci: internet, belajar mengajar, pelajaran

References

Andi. (2008). Editing Video Dengan Adobe Premier Pro. Andi Offset: Yogyakarta.

Hamzah, A, (2007). 7 Objek Realistik 3ds Max. Maxikom, Palembang.

Hendratman, H. (2008). The Magic of 3D Studio Max, Informatika Bandung, Bandung.

Hendri, Hendramat, (2009). The Magic of Adobe After Effects. Penerbit Informatika: Bandung.

Masnur Muslich. (2007). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan Kontekstual Panduan Bagi Guru, Kepala Sekolah, Dan Pengawas Sekolah. Bumi Aksara: Jakarta.

Zaharuddin G. Djalle, (2006). The Making of 3D Animation Movie using 3DStudio Max. Informatika: Bandung.

Saiffuddin, Juhri, The Using Of Comic For Social Studies Learning At Secondary School, [Online], Diakses di: http://www.academia.edu/4063794/the_using_of_comic_for_social_studies_learning_at_secondary_school [10 Juli 2016].

Published
2017-03-06
How to Cite
Retnowati, N. D., Retnowati, D. and Rahmawan, M. G. (2017) “Keefektifan Komunikasi Pembelajaran Melalui Penggunaan Animasi E-Learning”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/426 (Accessed: 18June2024).