Penampil Informasi Jarak Jauh dengan Masukan Teks dari Keyboard Berbasis Raspberry Pi

  • G. Satrio Kuncoro STTNAS Yogyakarta
  • Mar tan to Universitas Sanata Darma

Abstract

Papan pengumuman merupakan media informasi yang efektif, efisien dan murah. Tetapi media ini memiliki kekurangan yaitu meninggalkan sampah kertas, banyak informasi yang menumpuk  di papan pengumuman, membutuhkan area pengumuman yang luas, harus ada orang yang mengganti dan merapikan pengumuman yang ditempelkan. Untuk menyelesaikan permasalahan ini maka dibuatlah penampil informasi jarak jauh. Penampil informasi berfungsi memberikan informasi yang dimasukkan melalui form informasi yang terletak jauh dari penampil. Informasi yang masa berlakunya sudah kadaluarsa maka informasi tersebut akan dihapus secara otomatis. Sistem terdiri dari dua bagian yaitu komputer sebagai tempat memasukkan informasi dari pengguna dan  Raspberry Pi untuk penampilkan informasi melalui monitor. Pembuatan program aplikasi antarmuka form informasi menggunakan program python. Informasi akan dikirimkan secara nirkabel menggunakan modul XBee dari komputer menuju Raspberry Pi (Raspi). Informasi ditampilkan dalam bentuk slideshows untuk sepuluh slide informasi secara bergantian. Penampil informasi jarak jauh  sudah berhasil dibuat, dengan tiga jenis aplikasi antarmuka yaitu antarmuka pengisian informasi, antarmuka database informasi dan penampil informasi. Informasi yang ditampilkan sama seperti tampilan informasi yang dimasukkan pada komputer. Jumlah informasi maksimal yang dapat ditampilkan adalah sepuluh informasi. Jarak jangkau antara komputer dan Raspi adalah 16,8m.

 

Kata Kunci: penampil informasi, python, Raspberry Pi, wireless, XBee.

References

Andika, A. D., Sihombing, P., dan Nasution, T.I, Perancangan Sistem Pengukur Jarak Antara 2 Titik Wireless Xbee Pro Berdasarkan Nilai RSSI, [Online], Diakses di: http://jurnal.usu.ac.id/index.php/sfisika/article/download/4670/2165, [12 Oktober 2015].

Digi International: Xbee/Xbee Pro RF Modules, [Online], Diakses di: https://www.sparkfun.com/datasheets/Wireless/Zigbee/XBee-Datasheet.pdf, [12 Oktober 2015].

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), [Online], Diakses di: http://kbbi.web.id/papan, [10 Oktober 2015].

Raspberry-Pi-B-Plus-V1.2-Schematics, [Online], Diakses di: http://www.raspberrypi.org/documentation/hardware/raspberrypi/schematics/Raspberry-Pi-B-Plus-V1.2-Schematics.pdf [10 November 2015].

RPi2 Model B IO Pins, [Online], Diakses di: http://www.raspberry-projects.com/pi/pi-hardware/raspberry-pi-2-model-b/rpi2-model-b-io-pins [10 November 2015].

Python GUI Programming (Tkinter) [Online], Diakses di : http://www.tutorialspoint.com/python/python_gui_programming.htm, [13 November 2015].

Python – Tutorial, [Online], Diakses di: https://www.tutorialspoint.com/python/index.htm [13 November 2015]

The Python Tutorial, [Online], Diakses di: https://docs.python.org/2.7/tutorial/index.html [13 November 2015].

What's Tkinter?, [Online],Diakses di: http://effbot.org/tkinterbook/tkinter-whats-tkinter.htm, [13 November 2015].

Wibowo, Antonius Heru. (2014), Aplikasi Raspberry Pi untuk Penampil Informasi Jarak Jauh dengan Masukan Menggunakan Web Browser Melalu Jaringan 3G, Fakultas Teknik, Universitas Kristen Maranatha.

Yasin, Sanjaya: Pengertian Informasi Menurut Para Ahli, [Online], Diakses di: http://www.sarjanaku.com/2012/11/pengertian-informasi-menurut-para-ahli.html, [10 Oktober 2015].

Published
2017-03-06
How to Cite
Kuncoro, G. S. and to, M. tan (2017) “Penampil Informasi Jarak Jauh dengan Masukan Teks dari Keyboard Berbasis Raspberry Pi”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/429 (Accessed: 29March2024).