Sistem Cascade Generator untuk Meningkatkan Daya Listrik pada Pembangkit Listrik Tenaga Angin

  • Praptadi Saiputra Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Erik Tridianto Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Abstract

Banyak masalah yang dialami dalam pengembangan pemanfaatan energi angin menjadi energi listrik. Salah satunya adalah torsi awal yang diperlukan untuk menggerakkan blade pada turbin angin. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Hal ini dapat diselesaikan dengan memanipulasi secara mekanik memanipulasi secara listrik. Dalam penelitian ini, eksitasi untuk pengaturan alternator dilakukan dengan menggunakan generator dc (direct current generator) sebagai sumber eksitasi alternator.

 

Kata Kunci: turbin angin, cascaded generator, torsi awal, sistem eksitasi

References

E. Tridianto, F.H. Sholihah (2015). “Rancang Bangun Cascade Generator Untuk Meingkatkan Torsi Awal Pada Kincir Angin Secara Elektris”. ReTII, Vol.10,No.13.

J. Machowski, J.W. Bialak, S. Robak, J.R. Bumby. (1998). Excitation control system for use with synchronous generator. IEEE Prod-gener.Trans.Distrib., Vol.145, No.5.

P.C. SEN “ Principles of Electric Machines and Power Electronics” second edition

S. Jeongwon, H. Seungwoo, S. Myuongho “Alternator Torque Model Based on Equivalent Circuit of Synchronous Generator for Electric Power Management” IEEE Transactions on Vehicular technologies Vol.62, NO.8, October 2013

Published
2017-03-06
How to Cite
Saiputra, P. and Tridianto, E. (2017) “Sistem Cascade Generator untuk Meningkatkan Daya Listrik pada Pembangkit Listrik Tenaga Angin”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/430 (Accessed: 26April2024).