Penggunaan Program Matlab Pada Analisa Interval PR Dan Interval RR Sinyal Jantung

  • Roni Kartika Pramuyanti Universitas Semarang

Abstract

Jantung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting.  Kelainan pada organ tubuh ini masih merupakan panyebab kematian yang pertama pada manusia.  Kelainan jantung manusia belum tentu membuat seseorang jatuh sakit, namun mereka tetap tergolong ber’kelainan jantung’.  Jantung merupakan organ tubuh yang mempunyai sinyal bioelektrik, karena itu mempunyai sinyal-sinyal listrik.  Beberapa sinyal elektrik jantung yang tergabung dalam sinyal PQRST.   Penelitian dilakukan di Ruang ICCU RS Sardjito Yogyakarta serta melakukan wawancara dengan tenaga medis yang ada.  Pada penelitian ini digunakan interval PR dan interval RR yang merupakan bagian dari sinyal jantung.  Berdasarkan kedua sinyal atau interval ini akan diketahui kondisi jantung.  Kondisi jantung yang telah teranalisa adalah A, B, C hingga huruf alphabet lain untuk menandai perbedaan hasil analisa tersebut.  

 

Kata Kunci: Jantung, kelainan jantung, sinyal PQRST,Interval PR, Interval RR

References

Evangenia and Micheli-Tzanakou, 1995, Neural Network in Biomedical Signal Processing, in the Biomedical Engineering HandBook, CRC Press, Inc, USA.

Fausett, L.,1994,Fundamentals Of Neural Network: Architechtures, Algoritms, and Applications, Prentice Hall, New Jersey.

Jun Yan, Michael Ryan, James Power,1994, Using Fuzzy Logic Toward Intelligent System. Prentice Hall, London.

Karim Sjukri, Kabo Peter, 1996, EKG dan Penanggulangan Beberapa Penyakit Jantung, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta.

Kwan Keung Hon, 1994, A Fuzzy Neural Network and its Application to Pattern Recognition, Senior Member, IEEE and Yaling Cai, Student Member, IEEE.

M.Agus J.Alam, Agustus 2002, Belajar Sendiri Borland Delphi 6.0, PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia Jakarta

Pal. K. Sankar,1989, FUZZY Pendekatan Matematik untuk Pengenalan Pola, Universitas Indonesia, Jakarta.

Published
2017-03-06
How to Cite
Pramuyanti, R. K. (2017) “Penggunaan Program Matlab Pada Analisa Interval PR Dan Interval RR Sinyal Jantung”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/433 (Accessed: 19April2024).