Sistem Pakan Ayam Otomatis Dengan Energi Terbarukan

  • Tu gi no STTNAS Yogyakarta
  • Agus Jayatun STTNAS Yogyakarta

Abstract

           Terdapat permasalahan yang dihadapi oleh peternak ayam yaitu bagaimana cara untuk meningkatkan hasil panen ayam sehingga akan berimbas pada peningkatan kesejahteraan anggota peternak ayam. Salah satunya adalah bagaimana pemberian pakan ayam dapat dilakukan secara rutin dan terjadwal. Saat ini cara yang dilakukan untuk pemberian pakan ayam adalah dengan cara manual yaitu menaburkan pakan ayam/pelet secara rutin baik pagi maupun sore, sehingga mempunyai kendala yaitu terkadang peternak ayam kelupaan atau terlambat dalam pemberian pakan ayam sehingga akan berpengaruh pada pertumbuhan ayam tersebut. Hal tersebut dapat berakibat pada terlambatnya hari panen dan hasil panen tidak maksimal karena berat ayam tidak maksimal.           Maksud dan tujuan dari kegiatan  ini adalah untuk mendapatkan desain teknologi tepat guna untuk pembuatan alat pemberian pakan ayam secara otomatis sehingga pemberian pakan ayam dapat dilaksanakan secara rutin dan terjadwal. Oleh karena lokasi kandang yang jauh dari sumber listrik maka peralatan pakan ayam otomatis tersebut menggunakan energi matahari dengan memanfaatkan solar panel untuk sumber energi listriknya. Hasil dari kegiatan ini adalah didapatkan desain alat pemberian pakan ayam otomatis dengan tenaga matahari yang efisien dan  tepat guna untuk membantu mengatasi permasalahan peternak ayam dalam peningkatan hasil panen ayam. Diharapkan hasil panen ayam nantinya dapat meningkat dari pada saat pemberian pakan ayam dilakukan secara manual.

 

Kata Kunci: pakan, ayam, otomatis, tenaga matahari.

References

Abdurachman, Lukmanul H., Herri G., (2014), Penerapan Pusat Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai Sumber Energi Pompa Sirkulasi Air Tambak Ikan Air tawar di Desa Pagelaran Pringsewu Lampung, Unila, Lampung.

Mukhsin, M. , (2010), Simulasi Alat Pemberi Pakan dan Pengendali kincir Air yang berdasarkan Suhu dan Kadar Oksogen pada kolam ikan Gurami Berbasis MCU AT89C51, Widya Teknika Vol.18 No.1; Maret 2010, ISSN 1411 – 0660 : 40 - 43 Universitas Widyagama Malang.

Tugino, (2012), Pembuatan Alat Pemberian Pakan Ikan Otomatis dengan Tenaga Matahari, Ibm Mono tahun 2012, STTNAS Yogyakarta.

Published
2017-03-06
How to Cite
no, T. gi and Jayatun, A. (2017) “Sistem Pakan Ayam Otomatis Dengan Energi Terbarukan”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/434 (Accessed: 19July2024).