Abdurachman, Lukmanul H., Herri G., (2014), Penerapan Pusat Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai Sumber Energi Pompa Sirkulasi Air Tambak Ikan Air tawar di Desa Pagelaran Pringsewu Lampung, Unila, Lampung. Mukhsin, M. , (2010), Simulasi Alat Pemberi Pakan dan Pengendali kincir Air yang berdasarkan Suhu dan Kadar Oksogen pada kolam ikan Gurami Berbasis MCU AT89C51, Widya Teknika Vol.18 No.1; Maret 2010, ISSN 1411 – 0660 : 40 - 43 Universitas Widyagama Malang. Tugino, (2012), Pembuatan Alat Pemberian Pakan Ikan Otomatis dengan Tenaga Matahari, Ibm Mono tahun 2012, STTNAS Yogyakarta.

  • Oni Yuliani STTNAS Yogyakarta
  • Joko Prasojo STTNAS Yogyakarta

Abstract

Sistem informasi akademik sebuah universitas merupakan sebuah sistem penting yang menjadi pendukung dalam kegiatan perkuliahan karena digunakan oleh hampir semua elemen di universitas, baik itu mahasiswa, dosen, staf dan pimpinan. Untuk mengetahui sejauh mana sistem tersebut telah digunakan dengan baik maka harus dilakukan Evaluasi sistem. Evaluasi terhadap sistem informasi yang telah dibangun perlu dilakukan salah satunya untuk mengetahui bagaimana kegunaan (usability) sistem informai tersebut bagi pengguna. Selain itu evaluasi sistem informasi sangat penting dilakukan untuk menghasilkan sistem yang mudah, efektif, efisien, dan tepat guna bagi pengguna, dan akan sangat bermanfaat bagi Sistem informasi akademik sebagai salah satu dasar pengembangan situs web yang dimiliki.

Sistem  Informasi Akademik berbasis Web  (SiAkad) telah digunakan selama  hampir 5 tahun di STTNAS Yogyakarta sejak tahun 2011. SiAkad berbasis web yang dikenalkan kepada pengguna di STTNAS Yogyakarta diterapkan untuk membantu penyelenggaraan kegiatan akademik bagi civitas akademik (user) di STTNAS Yogyakarta. User dapat memanfaatkan SiAkad untuk melakukan aktivitas pembelajaran pada semester yang akan berlangsung sesuai dengan jumlah dan ketentuan yang berlaku.

Penelitian dengan judul Evaluasi Usability Situs Web Sistem Informasi Akademik bertujuan untuk mengetahui apa­kah pengguna merasakan pengaruh  kriteria usability Jacob Nielsen yaitu learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction terhadap penggunaan situs web Sistem Informasi Akademik STTNAS Yogyakarta. Penelitian ini mengambil sampel mahasiswa STTNAS yang sedang dan atau pernah menggunakan SiAkad. Data dalam penelitian di uji  dengan alat  analisis SEM  (Struktural  Equation Model). SEM adalah alat  analisis statistik yang dipergunakan  untuk menyelesaikan model  penelitian bertingkat  secara  serempak. SEM dapat  dipergunakan untuk menyelesaikan persamaan dengan variabel  yang membentuk jalur (path) .

Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi bahwa dengan menggunakan Usability dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan penggunaan sistem informasi akademik di STTNAS Yogyakarta. sehingga  dapat memberikan kemanfaatan dan kemudahan bagi pengguna.

 

Kata Kunci : Usability, SiAkad, SEM  (Struktural  Equation Model)

References

Arslan,Muhammad . Riaz , Muhammad Assad, 2010. ”A Roadmap for Usability and User Experience Measurement during early phases of Web Applications Development” Thesis

Cooper, Reimann, Cronin, 2007, The Essentials of Interaction Design, Wiley Publishing Inc.

Davis, F.D., 1989. Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MS Quarterly (online), Vol. 13 Iss. 3, pg. 318.

Dix, A., Finlay, J., Abowd, G., and Beale, R, 1993. Human-Computer Interaction, Prentice-Hall, New Jersey

Efendi, R.M.M.H. (2007). Perancangan Sistem Informasi Akademik di Fakultas ADAB UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan Konsep Human Computer Interaction. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Gonzalez P, Lozano MD, dan Montero F, 2004 “A Usability and Accessibility Oriented Development Process”. University of Castilla-La Mancha: Spain

http://www.cba. hawaii.edu/chismar/ITM704/DavisTAM 1989.pdf (2005, 20 Juli).

Insap Santoso, 2009, Interaksi Manusia dan Komputer, edisi 2

Hasan, Nur, (2010), “Digital library pada perguruan tinggi: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya,” makalah disampaikan pada Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) ke-3, yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional RI di Hotel Horison. Bandung

Indriato, adi, 2007. “Penduan penelitian OSS” Versi 01

Jati, H, 2011. Usability Ranking of E-Government Website: Grey Analysis Approach. International Conference on Computer and Computational Intelligence (ICCCI 2011). Bangkok Thailand.

Nielsen, Jakob. 1994, “Guerrilla HCI: Using Discount Usability Engineering to Penetrate the Intimidation Barrier” [Online], Available: http://www.useit.com/papers/guerrilla_hci.html, [2008, Januari].

Nielsen,Jacob, 1993, “Usability Engineering”, Morgan Kaufman

Nielsen, J, 2004. Designing web Usability , Pearson Education.

Nasution, Fahmi Natigor, 2006 “Teknologi Informasi Berdasarkan Apek Perilaku (Behavior Ascpect)”, USU Digital Library, http://library.usu.ac.id (retrieved 16 Januari 2006)

Published
2017-03-06
How to Cite
Yuliani, O. and Prasojo, J. (2017) “Abdurachman, Lukmanul H., Herri G., (2014), Penerapan Pusat Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai Sumber Energi Pompa Sirkulasi Air Tambak Ikan Air tawar di Desa Pagelaran Pringsewu Lampung, Unila, Lampung. Mukhsin, M. , (2010), Simulasi Alat Pemberi Pakan dan Pengendali kincir Air yang berdasarkan Suhu dan Kadar Oksogen pada kolam ikan Gurami Berbasis MCU AT89C51, Widya Teknika Vol.18 No.1; Maret 2010, ISSN 1411 – 0660 : 40 - 43 Universitas Widyagama Malang. Tugino, (2012), Pembuatan Alat Pemberian Pakan Ikan Otomatis dengan Tenaga Matahari, Ibm Mono tahun 2012, STTNAS Yogyakarta.”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/435 (Accessed: 26April2024).