SISTEM PEMANTAUAN RUMAH ANTI MALING DAN KEBAKARAN

  • Safitri Juanita Universitas Budi Luhur
  • Win darto

Abstract

Saat ini telah banyak muncul teknologi ramah lingkungan yang digunakan oleh para pengembang perumahan untuk mewujudkan rumah yang aman dan nyaman, namun kenyamanan dan keamanan penghuni rumah harusnya memudahkan penghuni dalam mengelola rumah itu sendiri. Maka diperlukan penelitian yang dapat merancang sistem otomatisasi untuk memudahkan penghuninya dalam mengelola rumah yaitu Rancang Bangun dan Analisa Sistem Pemantauan Rumah Anti Maling dan Kebakaran. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun aplikasi pemantauan rumah jarak jauh sehingga pemilik rumah dapat memantau keadaan rumahnya secara langsung jika tidak berada di rumah, aplikasi dapat digunakan oleh pemilik rumah untuk mengendalikan perangkat-perangkat elektronik jarak jauh, sistem memberikan pesan singkat (SMS) kepada pemilik rumah apabila terjadi keadaan berbahaya seperti adanya maling yang masuk ke dalam rumah ataupun terjadinya kebakaran saat rumah ditinggalkan oleh pemiliknya. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif dengan studi kasus perumahan di Bintaro. Pengembangan sistem menggunakan waterfall dengan tahap analisa kebutuhan pengguna, design alat dan aplikasi, koding aplikasi dengan bahasa pemrograman PHP dan C, testing dan implementasi dengan skala likert. Sistem aplikasi pemantauan rumah anti maling dan kebakaran berhasil dirancang dan dibangun sesuai dengan kebutuhan pengguna menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan HTML dan bahasa C. Penerapan teknologi sensor (sensing) berhasil diimplementasikan sehingga dapat mengurangi resiko pencurian atau sesuatu yang dapat merugikan pemilik rumah. Implementasi Sistem berhasil dilakukan sehingga pemilik rumah dapat melakukan pemantauan jarak jauh terhadap kontrol alat elektronik dan resiko kebakaran menggunakan browser karena sistem dibuat berbasis web. Implementasi sistem dengan pemberitahuan melalui SMS dan buzzer berhasil dilakukan sehingga pemilik rumah dapat mengambil tindakan cepat jika terjadi resiko kebakaran dan tindak kejahatan.

 

Kata Kunci : Rumah Aman, Kontrol Jarak Jauh, Anti Kebakaran, Anti Maling, Pemantauan Rumah.

References

. Supriyadi T. Pemanfaatan Jaringan Seluler dan Jaringan Internet Untuk Memantau Sistem Keamanan Rumah dengan User Interface Berbasis Handphone Android. Industrial Research Workshop and National Seminar 2012. Bandung. 2012;187–95.

. Setiawan, Agus. Mengenal Home Automation. Available from: http://www.transiskom.com/2013/01/mengenal-home-automation.html [di akses 11 Januari 2016].

. Pressman, Roger S. Software Engineering: A Practitioner's Approach. 7th edition. New York. McGraw-Hill. 2010 : 39

. Prihantono RS, Shiddiqi AM, Studiawan H. Rancang Bangun Sistem Keamanan dan Pengenalan Objek dalam Ruangan Sebagai Pengganti CCTV dengan Menggunakan Raspberry Pi. Jurnal Teknik POMITS [Internet]. 2013;2(1):1–6. Available from: http://digilib.its.ac.id/public/ITS-paper-40362-5110100052-paper.pdf [di akses 2 April 2016]

. Laksono SB, Kustanto, Tomo S. Rancang bangun sistem keamanan rumah tangga berbasis mikrokontroller dan SMS gateway. Jurnal Ilmiah TIKomSin [Internet]. 2015;3(2):42–8. Available from: http://p3m.sinus.ac.id/jurnal/index.php/TIKomSiN/article/view/202 [di akses 2 April 2016]

Published
2017-03-07
How to Cite
Juanita, S. and darto, W. (2017) “SISTEM PEMANTAUAN RUMAH ANTI MALING DAN KEBAKARAN”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/439 (Accessed: 26April2024).