Simulasi ADCRC (Active Disturbance Rejection Controller) dan kendali PD pada Model Cavity Siklotron DECY 13

  • Agus Dwiatmaja Universitas Gadjah Mada
  • Adha Imam Cahyadi
  • Prapto Nugroho

Abstract

Percepatan partikel pada Siklotron DECY 13 ditentukan oleh sistem radio frekuensi sebagai pemercepat, siklotron akan bekerja optimum pada kondisi tune frequency. Gangguan-gangguan yang terjadit pada sistem maupun luar sistem akan mempengaruhi parameter siklotron, salah satunya adalah nilai kapasitansi cavity. Nilai kapasintansi yang berubah menyebabkan tidak terjadi resonansi pada cavity. Diperlukan sistem kendali untuk dapat mengendalikan tuning frekuensi sistem dengan cara meredam gangguan (disturbance) . Metode ADRC (Active Disturbance Rejection Controller) yang diterapkan pada parameter lain dipilih untuk mengatasi hal tersebut, selain itu metode PD juga diterapkan sebagai pembanding. Pemodelan dan simulasi mewakili nilai-nilai parameter yang sebenarnya. Hasil simulasi menunjukkan ADRC memberikan tanggapan kendali yang lebih baik dari sisi settling time dan  over shoot, daripada  kendali PD, dan akan mengalami optimasi ketika ADRC didukiung dengan kendali Proposional Derivatif (PD).

 

Kata Kunci: disturbance, kendali, optimasi, radio, frekuensi 

References

DepKes, "Laporan Riset Kesehatan Dasar Indonesia," Jakarta 2007.

Kardinah, "Peranan Teknologi Akselerator Di Bidang Kesehatan: Telaah Pemanfaatan Dalam Bidang Diagnostic Imaging Untuk Kanker," in Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Teknologi Akselerator dan Aplikasinya, Yogyakarta, 2012, pp. vii - ix.

H. Suryanto, "Perkembangan Teknologi Akselerator Partikel dan Beberapa Aplikasinya," in Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Teknologi Akselerator dan Aplikasinya, Yogyakarta, 2010, pp. vii-xvi.

BATAN, "Renstra BATAN 2010-2014," BATAN, Ed., ed. Jakarta, 2010.

Vincent John et all, “on Active disturbance rejection based control design for superconducting RF Cavities” conference 2012

J. I. Su, "RF System," BATAN Accelerator School 2010, 2010.

P. Li, K. Fei, S. Hou, B. Ji, L. Xia, Z. Yin, T. Zhang, and F. Yang, "Alternative Cavity Tuning Control For CRM Cyclotron," in Particle Accelerator Conference, Vancouver, British Columbia, Canada, 2009, pp. 2165-2167.

A. Mandal, S. Ghosh, S. Seth, S. Som, S. Paul, P. R. Raj, S. Roy, S. Saha, and R. K. Bhandari, "Advanced Closed-loop Trimmer Control System For Fine Tuning The RF Cavity of K500 Superconducting Cyclotron," in Indian Particle Accelerator InPAC 2011, New Delhi, 2011.

P. Anggraita, "Principles Cyclic Accelerator Technology," in Materi Kuliah BATAN Accelerator School 2010, ed: PTAPB Badan Tenaga Nuklir Nasional, 2010.

Published
2017-03-07
How to Cite
Dwiatmaja, A., Cahyadi, A. I. and Nugroho, P. (2017) “Simulasi ADCRC (Active Disturbance Rejection Controller) dan kendali PD pada Model Cavity Siklotron DECY 13”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/444 (Accessed: 27April2024).