Studi Perancangan Teknologi Informasi Pada Bidang Pertanian Dengan Konsep "Sawah Digital" di Kabupaten Banyuwangi

  • Arif Habib Fasya Universitas Airlangga

Abstract

Penelitian ini merancangan teknologi informasi pada bidang pertanian dengan konsep "sawah digital" sebagai upaya kemajuan pertanian modern di kabupaten banyuwangi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengkaji faktor penghambat yang dihadapi petani dalam proses pertanian di Kabupaten Banyuwangi, (2) Mengkaji manajemen kontroling terhadap petani yang ada di Kabupaten Banyuwangi, (3) Merancang model networking antara petani dan dinas terkait yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Penerapan Teknologi Informasi (TI) dalam bidang pertanian saat ini sangat diperlukan untuk keberhasilan produktivitas tani yang dihasilkan. Dengan Teknologi Informasi (TI), petani Indonesia dapat dengan cepat dan mudah memperoleh informasi tentang pertanian untuk meningkatkan produktivitasnya. Teknologi Informasi (TI) juga berperan terhadap pemasaran hasil pertanian, petani dapat memasarkan produknya melalui media internet. Selain itu, petani juga dapat memantau dan mengatur dengan lebih praktis, lebih ekonomis dan efisien melalui internet. Banyaknya manfaat yang diperoleh dari perkembangan TI dapat membantu terbentuknya proses pembangunan pertanian. Dan harapan masyarakat untuk mendapatkan kesejahteraan dalam memenuhi kebutuhan pangan dapat terealisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif metode action researh. Untuk memperoleh data penelitian dilakukan dengan mempergunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.

 

Kata kunci: Pertanian, Teknologi Informasi, Sawah Digital.

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyumas, 2006. Kabupaten Banyumas Dalam Angka, BPS Kabupaten Banyumas, Purwokerto.

Jakarta Maret 2006. Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, 2006. Modul Analisis Kebutuhan Konsumsi Pangan Berdasarkan PPH. Materi disampaikan pada Diklat Teknis Manajemen Ketahanan Pangan, Semarang.

Direktorat Jenderal Pengelolaan Lahan dan Air, Kementerian Pertanian pada tahun 2006

http://teknologi.kompasiana.com/terapan/2013/12/21/penerapan-teknologi-pertanian-langkah-konkret-peningkaan-produktifitas-pangan-nasional-620445.html

Published
2017-03-07
How to Cite
Fasya, A. H. (2017) “Studi Perancangan Teknologi Informasi Pada Bidang Pertanian Dengan Konsep "Sawah Digital" di Kabupaten Banyuwangi”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/448 (Accessed: 18June2024).