Perancangan Controlling and Monitoring Penerangan Jalan Umum (PJU) Energi Panel Surya Berbasis Fuzzy Logic Dan Jaringan Internet

  • Muhammad Agam Syaifur Rizal Universitas Jember
  • Widjonar ko
  • Satryo Budi Utomo

Abstract

Sistem Penerangan Jalan Umum (PJU) merupakan suatu komponen jalan yang sangat penting untuk keselamatan pengguna jalan. Pada sistem PJU konvensional, lampu PJU akan menyala selama malam hari sampai menjelang pagi secara terus menerus tanpa ada pengontrolan dan monitoring. Selain itu, penggunaan lampu PJU juga masih membutuhkan daya yang besar, boros energi listrik, dan tidak terkendali. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini dirancanglah sebuah prototype alat yang mampu mengontrol tingkat penerangan lampu PJU berdasarkan jumlah kendaraan dan juga mampu me-monitoring menggunakan jaringan internet. Pada proses controlling, alat ini menggunakan kontrol fuzzy logic untuk mengatur tegangan yang akan disuplai ke lampu penerangan. Sedangkan pada proses monitoring, alat ini menggunakan sensor LDR untuk mendeteksi kondisi lampu dan ditampilkan pada web. Semua aktivitas control dan monitoring akan diproses oleh Arduino MEGA 2560 sebagai komponen pemroses utama. Dari hasil pengujian didapatkan, ketika kendaraan masuk maksimal dan kendaraan keluar minimal, lampu menyala terang dengan maksimal PWM 227,51 dan lux 988. Kemudian ketika kendaraan masuk minimal dan kendaraan keluar maksimal, lampu redup dengan minimal PWM 27,49 dan lux 112. Nilai analog monitoring web juga akan menyesuaikan dengan tingkat kecerahan lampu. Kontrol fuzzy logic ini telah mampu mengatur terang redup lampu PJU sehingga daya yang dibutuhkan hanya sebesar 8,76 watt. Lebih kecil apabila menggunakan sistem konvensional yang butuh daya 17,9 watt. Selain itu error yang didapatkan pada alat jika dibandingkan dengan simulasi pada MatLab tidak lebih dari 0,39% pada output control fuzzy logic.

 

Kata kunci: Controlling, Monitoring, Penerangan Jalan Umum (PJU), Web.

References

Buku Pedoman: Efisiensi Energi Pencahayaan Jalan Umum, Buku I: Pengelolaan Sistem PJU Efisiensi Energi. Kementerian ESDM, Jakarta (2014).

H. Afifah, “Perancangan Alat Otomatis Penyemprotan Hama Tanaman Padi Menggunakan Sensor PIR dengan Sumber PV dan Baterai”, S.T. skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Univ. Jember, Jember, Indonesia (2015).

M. Imansyah, “Sistem Penerangan Jalan Umum (PJU) Berdasarkan Jumlah Kendaraan untuk Efisiensi Pemakaian Energi Listrik (Sub Judul: Software)”, (Journal Online Source style), Jurusan Elektro Industri, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia (2011).

Published
2017-03-07
How to Cite
Syaifur Rizal, M. A., ko, W. and Utomo, S. B. (2017) “Perancangan Controlling and Monitoring Penerangan Jalan Umum (PJU) Energi Panel Surya Berbasis Fuzzy Logic Dan Jaringan Internet”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/451 (Accessed: 18June2024).