Analisis Lumpur Pemboran terhadap Kerusakan Formasi (Formation Damage) pada Blok X, Prabumulih, Sumatera Selatan

  • Windi Ayu Septya Ningrum Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Amara Nugrahini Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Herning Dyah Kusuma Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

Abstract

Lumpur pemboran adalah suatu fluida yang bersirkulasi dalam pemboran putar, yang  mempunyai berbagai fungsi yang diperlukan dalam operasi pemboran. Tujuan utama dalam  penggunaan lumpur pemboran adalah agar dalam operasi pemboran yang sedang dilaksanakan  tidak banyak mengalami gangguan. Gangguan tersebut dapat mempengaruhi formasi yang disebut  Kerusakan Formasi (Formation damage). Kerusakan atau damage pada formasi didefinisikan  sebagai kerusakan reservoir yang menyebabkan penurunan produksi yang diakibatkan fluida  sumur yang digunakan selama pengeboran, komplesi dan operasi workover. Lapangan produksi  berada di blok X yang berada pada daerah prabumulih sumatera selatan termasuk ke dalam cekungan Sumatera Selatan yang berpotensi adanya zona prospek hidrokarbon terkhususnya pada  Formasi Talang Akar. Pemboran yang dilakukan untuk menuju zona reservoir tersebut  memerlukan peran lumpur pemboran untuk mencegah adanya kerusakan formasi yang akan mengganggu laju produksi. 

References

[1] Alismusnal. Xx. ANALISA KERUSAKAN FORMASI AKIBAT PEKERJAAN PERFORASI DENGAN MENGGUNAKAN METODA YILDIZ PADA SUMUR FR 168, SUMUR 154, DAN SUMUR 148 DILAPANGAN X. Jurnal of Eart, Energy, Engineering. Universitas Islam Riau.
[2] Alimusnal. Xx. Mengatasi Kerusakan Formasi Dengan Metoda Pengasaman Yang Kompetibel Pada Sumur Minyak Dilapangan X. Jurnal of Eart, Energy, Engineering. Universitas Islam Riau.
[3] Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Repbulik Indonesia. 2013. LUMPUR DAN HIDROLIKA LUMPUR PENGEBORAN. Departemen Pendidikan Nasional.
[4] Modul I. FUNGSI, KOMPOSISI DAN SIFAT -SIFAT LUMPUR PENGEBORAN. Modul LUMPUR DAN HIDROLIKA LUMPUR PENGEBORAN 1
[5] Putra, A M, afthadin, Ghanima Yasmaniar. 2019. Analisis Penentuan Karakteristik Reservoir dan Kerusakan Formasi Serta Uji Deliverabikitas Pada Sumur AMP – 01. Seminar Nasional Pakar ke 2. Sains dan Teknologi.
[6] Rokhman, R,W,A,N. 2021. Penyebab Keruskaan Formasi (Formation Damage) Pada Sumur Migas. Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Yogyakarta.
[7] Safitry, W. 2022. Analisis Keberhasilan Matrix Acidizing Sumur WND – 08 PT. Pertamina EP Asset 2 Field Limau. Universitas Sriwijaya.
[8] Windiarto, Boedi, MT. Diktat well Completion & Workover. Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Perminyakan, Universitas Proklamasi 45. Yogyakarta
[9] Wibiwo, Ari T. 2019. Desain Lumpur Pemboran Menggunakan Additive Barite dan CMC Industri Untuk mengatasi Formasi Salinitas Tinggi. Universitas Islam Riau. Pekanbaru.
Published
2023-11-11
How to Cite
Windi Ayu Septya Ningrum, Amara Nugrahini and Herning Dyah Kusuma (2023) “Analisis Lumpur Pemboran terhadap Kerusakan Formasi (Formation Damage) pada Blok X, Prabumulih, Sumatera Selatan”, ReTII, 18(1), pp. 539-548. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/4541 (Accessed: 10May2024).