Kerentanan Gerakan Tanah, Daerah Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah

  • Ade Dewantara Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Dianto Isnawan Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Hurien Helmi Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

Abstract

Gaya atau tenaga eksogen adalah kekuatan alami yang berasal dari luar bumi. Yang termasuk gaya eksogen adalah angin, aliran air sungai, aliran air permukaan, hujan, es, organisma, panas matahari. Gaya-gaya ini akan bekerja terhadap batuan di permukaan bumi maupun di bawah permukaan bumi. Proses pengerjaannya berupa pelapukan, erosi, pelarutan, pengangkutan dan pengendapan. Hal ini lah salah satu faktor tenaga penyebab longsor, Indonesia termasuk negara yang rentan akan Tanah Longsor, apalagi di daerah yang dilewati oleh dua sirkum pegunungan aktif dunia, maka dari itu kita harus mengerti bagaimana cara-cara menanggulangi bencana ini agar kelak tidak akan memakan banyak korban.

References

[1] Bachri, Moch. 2006. Geologi Lingkungan. Malang : CV. Aksara.
[2] https://vsi.esdm.go.id/index.php/gerakan-tanah/kejadian-gerakan-tanah/2997-laporan-kajian-penyelidikan-gerakan-tanah-di-kec-bandongan-kab-magelang
[3] Karnawati, D., 2005, Bencana Alam Gerakan Massa Tanah di Indonesia dan Upaya Penanggulangannya, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
[4] Lobeck, A.K, 1939, Geomorphology an Introduction to the Study of Landscapes, Mc. Graw-Hill Book Company, Inc., New York.
[5] Wikipedia. 2011. Tanah Longsor. http://id.wikipedia.org/wiki/tanah_longsor. (diakses desember 2011)
Published
2023-11-11
How to Cite
Ade Dewantara, Dianto Isnawan and Hurien Helmi (2023) “Kerentanan Gerakan Tanah, Daerah Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah”, ReTII, 18(1), pp. 535-538. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/4543 (Accessed: 10May2024).