Analisis Morfotektonik Daerah Lebaksiu dan Sekitarnya, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah

  • Veggy Vireni Ramli Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Evaristus Budiadi Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Listiyani Retno Astuti Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

Abstract

Daerah penelitian yang berada di daerah Lebaksiu Kidul dan Sekitarnya, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah. Secara fisiografi termasuk ke dalam Fisiografi Zona Dataran Aluvial Pantai Utara Jawa. Secara Geografis daerah penelitian terletak pada 7° 0' 29" S - 7° 5' 22" S dan 109° 8' 1" E - 109° 11' 17.7" E. Metode penelitian berupa analisis morfotektonik yang digunakan adalah tiga parameter untuk mengetahui tingkat aktivitas tektonik, parameter tersebut berupa tingkat percabangan (Rb), tingkat kerapatan (Dd), dan sinusitas muka pegunungan (Smf). Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat aktivitas tektonik aktif yang sedang berlangsung di daerah penelitian, hasil penelitian di dapat melalui perhitungan geomorfologi kuantitatif, aspek geomorfologi kuantitatif yang dikaji berupa sungai, lembahan dan pegunungan di daerah penelitian. Analisis morfotektonik pada daerah penelitian menggunakan parameter berupa nisbah percabangan (Rb) dengan nilai 2.43-3 yang berarti daerah penelitian telah mengalami deformasi, kerapatan sungai (Dd) dengan nilai 5,31 dengan kelas kerapatan sedang sampai sangat tinggi, dan sinusitas muka pegunungan (Smf) dengan nilai 1,3 hingga 1,72 yang memiliki aktivitas tektonik yang aktif. 

References

[1] Bull and McFadden. 1977. Tectonic Geomorphology North And South Of The Garlock Fault, California. Geosciences Department University of Arizona.
[2] Doornkamp, J.C 1986. Geomorphological approaches to the study of neotectonics. Journal of the Geological society, London, Vol. 143: 335-342.
[3] Soewarno, 1991. Hidrologi: Pengukuran dan Pengolahan Data Aliran Sungai (Hidrometri). Nova, Bandung. 362 pp.
[4] Sosrodarsono, S., Takeda, K., (1987). Hidrologi Untuk Pengairan. Jakarta: Pradnya Paramitha.
[5] Strahler, A.N. 1964. Quantitative Geomorphology of Drainage Basins and Channel Networks; Handbook of applied hydrology. McGraw- Hill Book Cooperation, New York
[6] Verstappen, H,Th, 1983. Applied Geomorphology. Geomorphological Surveys For Environtmental Developmen. New York. El sevier
Published
2023-11-11
How to Cite
Veggy Vireni Ramli, Evaristus Budiadi and Listiyani Retno Astuti (2023) “Analisis Morfotektonik Daerah Lebaksiu dan Sekitarnya, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah”, ReTII, 18(1), pp. 565-570. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/4547 (Accessed: 11May2024).