ESTIMASI DISTRIBUSI PERJALANAN KERETA API PENUMPANG JARAK JAUH TAHUN 2017 DENGAN KONSEP NEWTON

  • Joko Riyono Universitas Trisakti

Abstract

Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk nomor empat terbesar di dunia, saat ini tengah disibukkan dengan penataan dan pembangunan kota-kotanya.  Semakin padatnya arus lalu lintas serta terbatasnya alat transportasi massal yang ada di beberapa kota yang ada di Indonesia khususnya dari Ibukota Jakarta keberbagai ibukota propinsi yang ada di pulau Jawa seperti Bandung,Semarang,Jogjakarta, Solo, Malang, dan Surabaya membuat pemerintah mencoba memberikan alternatif transportasi darat yang lain yaitu kereta api sebagai alat transportasi massal kepada masyarakat.Oleh karena itu perencanaan jumlah perjalanan dari Jakarta ke salah satu kota diatas atau sebaliknya amatlah penting dilakukan. Perencanaan tersebut memerlukan pengetahuan tentang jumlah perjalanan dengan Kereta Api yang dilakukan oleh penduduk dari kota yang dituju dan waktu tempuh. Dalam Ilmu Fisika mengenai Konsep Gravitasi Newton jumlah penduduk dan waktu tempuh merupakan masalah yang telah dikembangkan dengan menganalogikan jumlah perjalanan dari satu tempat- i ke tempat-j dengan pengasumsian biaya perjalanan tetap.Penelitian ini mencoba membuat modifikasi distribusi perjalanan penduduk dengan Kereta Api dari Jakarta ke beberapa kota lain menggunakan Model Gravitasi Voorhees dengan mempertimbangkan tingkat pertumbuhan penduduk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa estimasi pada tahun 2017 ,jumlah penduduk Jakarta yang melakukan perjalanan ke Bandung dengan menggunakan Kereta Api/hari paling banyak yaitu 64 % disusul Jogyakarta,Semarang,Surabaya, Malang dan terakhir Surakarta ,hasil ini terkait erat dengan pengestimasian jumlah penduduk sehingga agar diperoleh hasil optimal diperlukan data yang akurat.

 

Kata Kunci: : Alat Transportasi Massal,Tingkat Pertumbuhan Penduduk, Konsep Gravitasi Newton, Model Gravitasi Voorhees

References

Iriyanto(2005).Penentuan Distribusi Perjalanan Angkutan Udara Dari Medan ke Jakarta Banda Aceh,Padang dan Pekan Baru Menggunakan Gravitasi Voorhees,Proseding seminar nasional Matematika dan Statistika Padang,pp.36-41.

Joko Riyono.(2014).Modifikasi Distribusi Perjalanan Angkutan Kereta Api Penumpang Dengan Model Gravitasi.Proseding seminar nasional Sains dan Pendidikan Sains VIII UKSW.

Nur Irawan .Ph.D , Septian Puji Astuti, S.Si , Mengolah Data Statistik Dengan Mudah Menggunakan Minitab14,Penerbit Andi Yogyakarta.

Sensus Penduduk,(Online),diakses di :http://www.bps.go.id/(1 September 2016).

Radhityatp.blogspot.com/2008/09/manajemen-transportasi-kereta-api.html.

Published
2017-03-07
How to Cite
Riyono, J. (2017) “ESTIMASI DISTRIBUSI PERJALANAN KERETA API PENUMPANG JARAK JAUH TAHUN 2017 DENGAN KONSEP NEWTON”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/458 (Accessed: 26April2024).