Kajian Lintasan Orbit pada Turbin Angin Savonius Tipe Rotor U dan Helix dengan Menggunakan Software MATLAB

  • Panji Waskito Universitas Sumatra Utara
  • Ali Syahputra Hasibuan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi eksperimental kajian lintasan orbit menggunakan matlab, dengan melakukan pengukuran pada poros turbin angin savanius tipe rotor U dan Helix dengan menggunakan Laser Vibrometer. Pengukuran dilakukan dengan 5 variasi kecepatan angin selama 100 detik, yaitu : 4 m/s, 4,5m/s, 5 m/s, 5,5m/s dan 6 m/s. Nilai dispalacement terendah sebesar -0,3712 mm pada kecepatan angin 5 m/s dan tertinggi 0,3711 mm pada kecepatan angin 5 m/s pada tipe rotor U. Nilai velocity terendah sebesar 0,1420 mm/s pada kecepatan angin 6 m/s dan nilai tertinggi 0,5435 mm/s pada kecepatan  angin 4,5 m/s pada tipe rotor Helix. Nilai acceleration tertinggi sebesar -4,5378 mm/s² pada kecepatan angin 6 m/s dan nilai tertinggi 4,5304 mm/s²   pada kecepatan  angin 6 m/s pada tipe rotor Helix. Lintasan orbit displacement, velocity dan acceleration mengalami misaligment karena bentuk lintasan berbentuk elips pipih.

 

Kata Kunci: Turbin angin savanius, Vibrasi, Displacement, Velocity, Acceleration, Lintasan Orbit

References

Mohamed, M.H. Ahmed. 2010. Dissertation : Design Optimization of Savonius and Well Turbines. Germany. Universitat Magderburg

ITS, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri. Diktat Fundamentals of Vibration,

Fedák, Viliam. Analysis of Balancing of Unbalanced Rotors and Long Shafts using GUI MATLAB.

Aji, Kunto.Deteksi Kerusakan Bantalan Gelinding Pada Pompa Sentripugal Dengan Analisis Sinyal Getaran.2007. Surakarta, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret.

Scheffer, C. dan Girdhar P. Practical Machinery Vibration Analysis and Predictive Maintenance. Netherlands, IDC Technologies. 2004.

https://id.scribd.com/doc/149898344/Makalah-Mekanika-Getaran-Hendi-Saputra-docx

Dionisius Andy Kristanto, Muhammad Qomaruz Zaman. Vibrasi dan Jenis Kerusakan Pompa Air. 2014. Surabaya, Jurusan Teknik Fisika Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Published
2017-03-07
How to Cite
Waskito, P. and Hasibuan, A. S. (2017) “Kajian Lintasan Orbit pada Turbin Angin Savonius Tipe Rotor U dan Helix dengan Menggunakan Software MATLAB”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/460 (Accessed: 25April2024).