Strategi Peningkatan Pemahaman Materi Penyajian Data Melalui Game Edukasi
Abstract
Kondisi sulitnya siswa memahami matematika menjadi permasalahan yang terus menerus dicari solusinya. Matematika yang cenderung bersifat abstrak menjadi salah satu kendala siswa dalam memahami serta mengaplikasikan materi dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi tersebut juga dialami oleh siswa SD Muhammadiyah Unggulan Al Fatih Patuk, sehingga perlu ada terobosan mengajar yang atraktif dan efektif untuk menghilangkan kesulitan belajar. Salah satu yang dapat dilakukan adalah mengajarkan matematika khususnya materi penyajian data melalui game edukasi. Pengabdian ini bertujuan untuk (1) memberikan pemahaman kepada siswa tentang materi penyajian data (2) memaksimalkan kemampuan kognitif dan motorik siswa dalam memahami pelajaran. Pengabdian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah dan pendampingan untuk siswa kelas 3 SD Muhammadiyah Unggulan Al Fatih Patuk Gunung Kidul sebanyak 48 siswa. Kegiatan berlokasi di sekolah SD Muhammadiyah Unggulan Al Fatih Patuk Gunung Kidul. Kegiatan dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Hasil pengabdian yaitu (1) siswa memahami secara mendalam materi penyajian data dalam pelajaran matematika, (2) siswa dapat memacahkan soal yang diberikan secara individu maupun kelompoak, dan (3) Terdapat peningkatan signifikan pemahaman materi penyajian data setelah dilaksanakan kegiatan pengabdian.
References
Angwarmasse, Pelagia, and Wahyudi Wahyudi. 2021. “Pengembangan Game Edukasi Labirin Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VI Sekolah Dasar.” Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia 7(1):46. doi: 10.29210/120212953.
Apriani, Ani. 2023. “Program Pendampingan Belajar Matematika Intergrasi Nilai-Nilai Al- Qur ’ an Untuk Santri TPQ.” JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat) 7(2):337–43. doi: 10.30595/jppm.v7i2.11103.
Gunawan, Rahmat, Tomi Hendri Prastyawan, and Yudin Wahyudin. 2021. “Rancang Bangun Game Edukasi Perhitungan Dasar Matematika Sekolah Dasar Kelas 3, 4 Dan 5 Mengunakan Construct 2.” Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi 16(1):46–59. doi: 10.35969/interkom.v16i1.96.
Janiati, Nia. 2022. “Rancangan Game Edukasi Matematika‘Learn and Play’ Untuk Anak Kelas 1-3 Sd Sebagai Media Belajar Berbasis Android Di Sdn 07 Kramat Jati Jakarta Timur.” Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer 5(2):56–62. doi: 10.55886/infokom.v5i2.283.
Jundu, Ricardus, Valeria S. Kurnila, and Silfanus Jelatu. 2018. “Visualisasi Pembelajaran Matematika Kelas 1 Sd Menggunakan Edugame Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung.” (10):6–10.
Nisa, Mahwar Alfan, and Ratnawati Susanto. 2022. “Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar.” JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) 7(1):140. doi: 10.29210/022035jpgi0005.
Rahma, and Nurhayati. 2021. “Pengembangan Media Interaktif Berbasis Game Edukasi Pada Pembelajaran Matematika.” Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains 1(1):38–41.
Sulistyowati, Sulistyowati, Eko Gunawan, and Lili Rusdiana. 2022. “Aplikasi Game Edukasi Matematika Tingkat Dasar Berbasis Android.” Jurnal Teknoinfo 16(1):107. doi: 10.33365/jti.v16i1.806.
Yunus, Mursid, Indah Fitri Astuti, and Dyna Marisa Khairina. 2015. “Game Edukasi Matematika Untuk Sekolah Dasar.” Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer 10(2):59. doi: 10.30872/jim.v10i2.192.
Prosiding ini memberikan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara gratis untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan Open Access akan segera dan secara permanen gratis untuk dibaca dan diunduh semua orang.