Pelorotan Lilin dan Pengotor Lain Kain Batik dengan Perebusan di Ketel

  • Sarwo ko Universitas Diponegoro
  • Seno Darmanto Universitas Diponegoro

Abstract

Proses produksi batik tulis di KUBE Putri Kawung masih dikerjakan dengan teknologi sederhana dan tradisional. Proses pembuatan batik pada prinsipnya dilakukan dalam beberapa tahapan meliputi penyiapan bahan kain (mori), penggambaran motif batik, pembatikan, perebusan/pencelupan (pelorotan), pengeringan dan pengemasan. Dan untuk perbaikan di unit penghilangan lilin atau finishing atau pelorotan, ada perbaikan komponen peralatan meliputi penyempurnaan desain/rancangan dan pembuatan ketel sederhana meliputi tabung, penutup, engsel, baut pengikat, karet (seal), pegangan tangan (handle), pengaman (valve tekanan dan ring tabung) dan tungku bakar. Desain ketel sederhana berukuran diameter 70 cm, tinggi 45 cm dan ketebalan 2 mm. Tungku didesain bersifat permanen dan dibangun dari konstruksi pasangan bata, pasir, semen dan bahan penguat lain. Tungku terdiri dari dua lubang api dan mampu menopang 2 (dua) ketel untuk pelorotan  dengan dimensi tungku berukuran panjang 120 cm lebar 70 cm dan tinggi 40 cm. Penyempurnaan dan rancang bangun ketel sederhana juga disesuaikan dengan kondisi ruang pengolahan kain batik di industri.

Kata Kunci: batik tulis, pelorotan, ketel, tungku

References

Holman, J.P., (1972), Heat Transfer, McGraw – Hill Book Company

Incropera, F.P. and David P. Dewit, (1990), Fundamental of Heat and Mass Transfer, John Wiley & Sons.

Indriani, dan Fitria, D., (2006), Studi Batik Tulis Tegalan Di Desa Kalinyamat Wetan Kecamatan, Skripsi, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kurniadi, E., (1996), Seni Kerajinan Batik, Sebelas Maret University Press, Surakarta.

Moerniwati, E.D.A, Studi Batik Tulis (Kasus di Perusahaan Batik Ismoyo Dukuh Butuh Desa Gedongan Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen), Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret

Moleong, L. J., (1995), Metodologi Penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Prasetyo, A., (2010), Batik Karya Agung Warisan Budaya Dunia, Pura Pustaka.

Soemarjadi, (2001), Pendidikan Keterampilan, Universitas Negeri Malang, Malang.

Sumnintarsih, (2009), Pelestarian Batik Dan Ekonomi Kreatif, Jurnal Jantran, 4, pp

Widodo, (1983), Batik Seni Tradisional, Penebar Swadaya.

Published
2017-03-07
How to Cite
ko, S. and Darmanto, S. (2017) “Pelorotan Lilin dan Pengotor Lain Kain Batik dengan Perebusan di Ketel”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/462 (Accessed: 24April2024).