Pengaruh Debit Udara Kondenser terhadap Kinerja Mesin Tata Udara dengan Refrigeran R410a

  • Fal dian Politeknik Negeri Bandung
  • Pra tikto Politeknik Negeri Bandung
  • Andriyanto Setyawan
  • Daru Sugati STTNAS Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis kinerja mesin tata udara pada berbagai tingkat debit udara kondenser dan mendapatkan nilai debit yang memberikan kinerja optimum, baik dari segi kapasitas maupun konsumsi energi. Pengujian dilakukan dengan cara mengubah-ubah kecepatan putar kipas kondenser dengan menggunakan inverter tegangan untuk mendapatkan debit udara yang berubah-ubah.

Sasaran utama penelitian terbagi dua, yakni mengkaji pengaruh debit udara kondenser terhadap kinerja mesin dan mendapatkan debit optimum udara kondenser sesuai dengan beban pendinginan mesin yang cenderung berubah-ubah. Kinerja mesin tata udara dinilai dari besarnya kapasitas pendinginan pada evaporator, pembuangan kalor pada kondenser, temperatur evaporasi, temperatur kondensasi, konsumsi energi, koefisien kinerja (coefficient of performance, COP), dan rasio efisiensi energi (energy efficiency ratio, EER).

Pengubahan debit udara kondenser memberikan berbagai pengaruh terhadap kinerja mesin tata udara. Secara umum, dengan mengubah-ubah debit udara kondenser dari 60% hingga 120% maka meningkatkan kapasitas kondenser dari 2777 Watt menjadi 5555 Watt. Kapasitas pendinginan juga naik dari 1653 Watt menjadi 4428 Watt. Demikian pula dengan COP, harga besaran ini naik dari 1.47 menjadi 3.95. Perubahan kecepatan kipas kondenser juga membuat daya kipas berubah-ubah antara 27.6 Watt hingga 55.2 Watt. Setelah analisis dilakukan, penurunan kecepatan kipas kondenser ternyata lebih memberikan penurunan efisiensi yang terlalu banyak dengan penguruangan konsumsi daya yang kecil. Yang lebih disarankan adalah menaikkan debit udara pada kondenser sehingga diperoleh kenaikan kapasitas kondenser, kapasitas pendinginan, dan COP.

 

Kata Kunci: debit udara condenser, kapasitas pendinginan, kapasitas condenser, COP

References

AHR News, Global A/C Market Starting to Warm Up, BSRIA World Air Conditioning Market Trends Reveal Increased Sales Worldwide, August 18, 2014.

Arora, CP, Refrigeration and Air Conditioning, Tata McGraw-Hill Publishing Co. Ltd., New Delhi, 2001.

Daikin Corp. (www.daikin.com/ why_daikin/ rise/), Increase in Air Conditioning Demand in Emerging Countries, diakses pada 8 April 2015

Karyono, T.H & G. Bahri, Energy efficient strategies for JSX building in Jakarta, Indonesia, International Conference “Passive and Low Energy Cooling for the Built Environment”, May 2005, Santorini, Greece

Pottker, G. and Hrnjak, P. S., "Effect of Condenser Subcooling of the Performance of Vapor Compression Systems: Experimental and Numerical Investigation " (2012). International Refrigeration and Air Conditioning Conference. Paper 1328.

The Trane Company, Reciprocating Refrigeration, 55 ed., The Trane Company, La Crose, Wisconsin, 1990.

US Department of Energy Article, Air Conditioner, July 1, 2012

Published
2017-03-08
How to Cite
dian, F., tikto, P., Setyawan, A. and Sugati, D. (2017) “Pengaruh Debit Udara Kondenser terhadap Kinerja Mesin Tata Udara dengan Refrigeran R410a”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/480 (Accessed: 19April2024).