Desain dan Implementasi Kabin Cerdas Sebagai Alat Ukur Kesehatan Bagi Penyandang Disabilitas Tuna Netra dan Lanjut Usia

  • Muhammad Ichwan Institut Teknologi Nasional
  • Irma Amelia Dewi Institut Teknologi Nasional
  • Dina Budhi Utami Institut Teknologi Nasional

Abstract

Bagi penyandang disabilitas dan lanjut usia pemeriksaan kesehatan yang rutin perlu dilakukan untuk dapat mengontrol kesehatan, namun terkadang keterbatasan fisik yang dimiliki menjadi hambatan untuk melakukan pemeriksaan rutin ke pusat kesehatan seperti klinik, puskesmas, rumah sakit. Dari permasalahan tersebut dibutuhkan upaya pelayanan kesehatan bagi penyandang tuna netra dan lanjut usia agar dapat melakukan pemeriksaan kesehatan dengan meminimalisir keterlibatan operator/petugas kesehatan. Pengukuran kesehatan secara mandiri dimaksudkan karena sudah mulai tersedianya beberapa alat ukur kesehatan yang dijual secara portabel dengan dilengkapi petunjuk penggunaan dan indikator hasil pengukuran yang mudah untuk dipahami. Akan tetapi, hal ini sedikit menyulitkan bagi penyandang disabilitas tuna netra dan pasien lanjut usia karena secara umum peralatan yang diproduksi secara masal dan tersedia di pasaran saat ini menggunakan tampilan (display) dalam bentuk tulisan. Belum terintegrasinya beragam sensor pengukuran kesehatan pasien juga menjadi permasalahan karena menimbulkan kesulitan dan pengetahuan ketika menggantikan alat yang satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan perancangan kabin cerdas sebagai alat ukur dengan memperhatikan visibilitas dan pengujian rancang bangun kabin cerdas bagi lansia dan tuna netra dengan focus pada interaksi manusia dan komputer bagi lansia dan tuna netra.

Kata Kunci: kabin cerdas, pengukuran kesehatan, quantum magnetic resonance, e-health sensor

References

Aminian,Media. Naji,R.Hamid..2013.A Hospital Health care Monitoring System Using Wireless Sensor Networks. Aminian and Naji, J Health Med Inform 2013, 4:2.

Khelil Abdelmajid, Shaikh,K.Faisal K, Sheikh A. Adil, Felemban Emad, Bojan Hattan.2014. DigiAID: A Wearable Health Platform for Automated Self-tagging in Emergency Cases. DOI 10.4108/icst.mobihealth.2014.

Maia Pedro, Batista Thais, Cavalcante Everton, Ba_a Augusto, Delicato C.,Flavia, Pires Paulo, Zomay Albert. 2014.Web platform for interconnecting body sensors and improving health care.Procedia Computer Science 00 (2014) 000–000

Lubamba Kakoko Claude.2014. Participatory Healthcare System (Sensing and DataDissemination).

Rahane,L.Sunil. 2015.HUMAN BODY MONITORING SYSTEM USING WSN WITH GSM AND GPS. International Journal of Innovation in Engineering, Research and Technology [IJIERT] ICITDCEME’15 Conference Proceedings ISSN No - 2394-3696

Published
2017-03-08
How to Cite
Ichwan, M., Dewi, I. A. and Utami, D. B. (2017) “Desain dan Implementasi Kabin Cerdas Sebagai Alat Ukur Kesehatan Bagi Penyandang Disabilitas Tuna Netra dan Lanjut Usia”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/481 (Accessed: 18July2024).