Petrogenesa Batuan Beku di Daerah Godean

  • Okki Verdiansyah STTNAS Yogyakarta

Abstract

Daerah Godean, merupakan bagian dari sabuk magmatisme Miosen Pegunungan Selatan Jawa, yang terdiri dari batuan intrusi, vulkanik, dan sedimen. Analisis petrogenesa di interpretasi berdasarkan data geokimia dan petrografi basalt, untuk mengetahui tataan tektonik pada daerah Godean. Litologi didefinisikan sebagai andesit basaltik bertekstur interstitial dengan mineralogi dominan plagioklas, piroksen-klino, olivin, magnetit dengan diikuti diagenesa smektit dari glass. Perhitungan CIPW normatif menunjukan batuan kaya plagioklas, piroksen Mg > Ca, dan magnetit > ilmenit. Analisis geokimia unsur utama batuan menunjukan adanya diferensiasi magma dari basalt menuju dasit yang terbentuk dari magmatisme busur kepulauan tholietik – kapur alkali. Analisa unsur minor dan unsur jarang (REE) menunjukan tipe magma sebagai basalt busur kepulauan dengan afinitas kapur alkali dimana magma berasal dari peleburan peridotit tanpa garnet dan membentuk magma dengan suhu sekitar 1150ºC dengan tekanan 10-13 kbar pada dapurnya.

Kata Kunci: Petrogenesa, magma, pegunungan selatan, basalt, Yogyakarta.

References

Hutchison, C.S., 1976. Indonesian active volcanic arc: K, Sr, and Rb variation with depth to the Benioff zone. Geology, 4(7), pp.407-408.

Rahardjo, W., Sukandarrumidi, Rosidi, (1997), Peta Geologi Lembar Yogyakarta, PSG, Bandung

Rollinson, H.,R., 1993, Using Geochemical Data “Evaluation, Presentation, Interpretation’, Prentice Hall.

Verdiansyah, O., Studi Karakteristik dan Genesa Mineral Lempung Gunung Wungkal, Godean, Yogyakarta, Laporan penelitian STTNAS, 2016, tidak dipublikasikan.

Verma, S.,P., Agrawal, S., 2011, New tectonic discrimination diagrams for basic and ultrabasic volcanic rocks through log-transformed ratios of high field strength elements and implications for petrogenetic processes., Mexicana de Ciencias Geológicas, v. 28, núm. 1, 2011, p. 24-44.

Wilson, M., Igneous Petrogenesis “A Global Tectonic Apporach”, 2007, reprinted edition, springer, p. 480.

Published
2017-03-09
How to Cite
Verdiansyah, O. (2017) “Petrogenesa Batuan Beku di Daerah Godean”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/497 (Accessed: 19April2024).