Aplikasi Teknologi Informasi Untuk Perencanaan Tambang Kuari Batugamping Di Gunung Sudo Kabupaten Gunung Kidul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

  • R. Andy Erwin Wijaya STTNAS Yogyakarta
  • Dianto Isnawan STTNAS Yogyakarta

Abstract

Industri pertambangan merupakan salah satu aspek yang penting dalam meningkatkan kesejahteraan manusia. Kegiatan pertambangan harus memperhatikan suatu sistem manajemen yang optimal yang berdasarkan pada azas pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Kegiatan pertambangan memerlukan perencanaan tambang secara optimal dan menyeluruh. Dalam operasional kegiatan pertambangan sejauh ini menunjukkan penggunaan yang kurang terhadap sistem teknologi informasi (komputerisasi), oleh sebab itu diperlukan sistem informasi teknologi pertambangan yang dapat menyajikan semua aspek perencanaan tambang. Pengelolaan pertambangan dapat berjalan dengan baik apabila didukung dengan informasi data yang lengkap dan akurat untuk membantu administrasi tambang. Sistem teknologi informasi (IT) telah dapat memberikan dukungan dalam pengelolaan pertambangan secara efektif.

 

Kata kunci : teknologi informasi, perencanaan tambang, batugamping

References

Cottle, J.W., Davey C.J., 1983, Computerized Deposit Modelling, Volumetrics, and Production Scheduling, Computers in Mining Symposium; The Aust.I.M.M. Southern Queensland Branch, May, 111-115.

Hustrulid, W., Kuchta M., 1995, Open Pit Mine Planning and Design, Volume 1 Fundamental; A.A. Balkema/Roterdam/ Brookfield, 212-248.

Wright, E.A., 1990, Open Pit Mine Design Models, Series on Mining Engineering 8, Trans. Tech. Publications, 1-187.

Wijaya R., A., E., dan Isnawan, D., 2016, Model Klasifikasi Kelayakan Lahan Tambang Kuari Batugamping Berdasarkan Kondisi Geologi Teknik dan Stabilitas Lereng Sebagai Dasar Perencanaan Tambang; Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun ke-2; dibiayai oleh Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi.

......................, 2005, Resource Modelling and Mine Planning System, Mining Software System (Minex5), www.surpac.com.

Published
2017-03-16
How to Cite
Wijaya, R. A. E. and Isnawan, D. (2017) “Aplikasi Teknologi Informasi Untuk Perencanaan Tambang Kuari Batugamping Di Gunung Sudo Kabupaten Gunung Kidul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/517 (Accessed: 17July2024).