PENGGUNAAN REGRESI LINEAR SEDERHANA UNTUK MEMPREDIKSI DAYA DUKUNG TANAH LEMPUNG (STUDI KASUS DI DUSUN DEGAN 2, BANJARARUM, KALIBAWANG KULON PROGO, YOGYAKARTA)

  • Ridayati Ridayati Dosen Matematika Pada Jurusan Teknik Sipil STTNAS
  • Ismanto Ismanto Dosen Teknik Sipil STTNAS

Abstract

Pondasi suatu bangunan merupakan dasar suatu bangunan untuk menginjakkan bangunan ke tanah dasar, sehingga perencanaan dan pembuatannya perlu diperhitungkan masak-masak agar dapat terhindar dari penurunan dan bahkan ambruknya suatu bangunan. Dalam merencanakan pondasi yang baik diperlukan uji penyelidikan tanah pada tanah yang akan didirikan bangunan tersebut. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji perilaku tanah lempung agar dapat direncanakan pondasi yang baik.

Penelitian dilakukan di dusun Degan 2 Banjararum, Kalibawang, Kulon progo Yogyakarta dengan mengambil  Enam buah titik uji penetrasi statis (Sondering) yaitu S1,S2,S3,S4,S5,S6 dan dua buah titik boring B1 dan B2. Hubungan antara Kedalaman tanah dengan kekuatan tanah bawah permukaan dicari menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS 15.

Dari analisis diketahui bahwa kedalaman pondasi paling optimal pada kedalaman 7,50 meter dari muka tanah dan menggunakan jenis pondasi sumuran. Hubungan antara Kedalaman tanah dengan kekuatan tanah bawah permukaan diperoleh bahwa pada S3 dan S5 tidak ada hubungan yaitu kedalaman tanah tidak mempengaruhi besarnya cone resistant. Sedangkan pada S1, S2, S4, S6  kedalaman tanah mempengaruhi besarnya cone resistant. Secara umum dapat disimpulkan bahwa kedalaman tanah tidak mempengaruhi besarnya kekuatan tanah.

Kata Kunci : cone resistant, regresi, tanah lempung

References

Bowles, E Yoseph, 1970, Engineering Properties of Soils and Their Measurement. Mc Grow-Hill, Inc

Ghozali, Imam, 2001, Aplikasi Analisis multivariate dengan program SPSS, Semarang, Penerbit UNDIP

Hardjowigeno, S, 1992, Ilmu Tanah, Mediyatama Sarana Perkasa, Jakarta. Hardiyatmo, H, 2002, Teknik Pondasi 1, FT UGM, Yogyakarta

Pangesti, Sri, Zulaela, Gunardi, Abdurakhman, Herni Utami, 2004, Metode Statistika, FMIPA UGM, Yogyakarta

Supriharyono, 2002, Intisari Materi Kuliah metodologi Penelitian, Program Pasca Sarjana Magister Teknik Sipil Universitas Diponegoro, Semarang

Zulaela, 2008, Analisis Regresi Terapan, Laboratorium Komputasi Matematika dan Statistika FMIPA UGM, Yogyakarta

Published
2017-10-03
How to Cite
Ridayati, R. and Ismanto, I. (2017) “PENGGUNAAN REGRESI LINEAR SEDERHANA UNTUK MEMPREDIKSI DAYA DUKUNG TANAH LEMPUNG (STUDI KASUS DI DUSUN DEGAN 2, BANJARARUM, KALIBAWANG KULON PROGO, YOGYAKARTA)”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/535 (Accessed: 16June2024).