PENGARUH FILTER PASIF PADA JARINGAN LISTRIK INDUSTRI DAN RUMAH TANGGA AKIBAT PEMBEBANAN AIR CONDITION (AC) INVERTER

  • Djodi Antono Dosen Teknik Elektro Polines Semarang
  • Adi Wasono Dosen Teknik Elektro Polines Semarang
  • Yusnan Badruzzaman

Abstract

Perkembangan teknologi memudahkan orang semakin simpel dalam mengoperasikan suatu alat yang disebut ’plug and play’. Akan tetapi teknologi yang dipakai akan mempunyai efek samping dibidang lainnya. Sebagai contoh adalah penggunaan beban beban non linear, terutama peralatan peralatan listrik berbasis elektronik (penggunaan sistem inverter pada AC) yang banyak terhubung pada sistem distribusi tenaga listrik tegangan rendah telah menyebabkan arus jala-jala sistem menjadi terkotori atau  terdistorsi oleh efek gelombang baru yang ditimbulkan yang disebut harmonik. Tingginya tingkat kandungan arus harmonik yang terdapat pada sistem distribusi tenaga listrik dapat menimbulkan berbagai macam persoalan pada sistem tersebut, antara lain faktor daya sistem menjadi rendah, munculnya arus pada penghantar netral. Harmonik yang ditimbulkan oleh AC Inverter ini sangat mengganggu bahkan merugikan sistem bila melebihi batas standar yang ditetapkan  IEEE 519-1992. Dengan menerapkan filter pasif single tuned sebagai upaya mengurangi distorsi arus dan tegangan (total harmonic distortion THDV dan THDI) pada jaringan listrik akibat pengoperasian (AC Inverter) dengan daya 2HP atau 1500 watt,pemakaian filter pasif single tunedpada AC Inverter telah berhasil mengurangi harmonik arus sebasar kurang lebih 78 %. Harmonik arus  95 % saat AC Inverter dijalankan pada suhu 31°C tanpa filter dan 17% saat AC Inverter dijalankan pada suhu 31°C dengan filter.

References

Asnil, aplikasifilter pasif untuk mereduksi harmonik pada inverter, Tesis, Alumni Program Studi Teknik Elektro Program Pasca Sarjana Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada, 2009.

Djodi Antono, “ Pengaruh Filter Pasif Single Tune Pada Jaringan Listrik Tegangan Rendah Akibat Pembebanan Penggerak yang Dapat Diatur Kecepatannya”,Tesis, Alumni Program Studi Teknik Elektro Program Pasca Sarjana Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada, 2011.9

Gary W Dr. Chang Dr. Paulo F. Ribeiro and S. J. Ranade, “Harmonic Theory “, IEEE, 199

Sigit Budhi Santoso, Aris Rakhmadi, Pengendalian Kecepatan Motor Induksi Melalui InverterAltivar 18 Berdasarkan Kendali Fuzi Berbasis PLC, Alumni Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 2003.

Usman Saleh Baafai, “ Sistem Tenaga Listrik : Polusi Dan Pengaruh Medan Elektromaknetik Terhadap Kesehatan Masayrakat”, PIDATO Pengukuhan Jabatan Guru Besar Tetap Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara, 2000

Published
2015-10-30
How to Cite
Antono, D., Wasono, A. and Badruzzaman, Y. (2015) “PENGARUH FILTER PASIF PADA JARINGAN LISTRIK INDUSTRI DAN RUMAH TANGGA AKIBAT PEMBEBANAN AIR CONDITION (AC) INVERTER”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/56 (Accessed: 16June2024).