Analisa Dan Perancangan Aplikasi E-Commerce Berbasis Web Martabak Pak Hardi

  • Maria Atik Sunarti Ekowati Universitas Kristen Surakarta

Abstract

Martabak pak hardi adalah salah satu UMKM home industri di kartosuro yang bergerak dalam bidang makanan, dalam memasarkan makanan. Produk Martabak pak hardi masih dilakukan manual yaitu mulai dari promosi, pengelolaan pelanggan data dan proses penjualan. Oleh karena itu, pengguna membuat sistem yang bisa menangani masalah tersebut yaitu membuat suatu aplikasi berbasis web agar lebih mudah memasarkan produk. Metode yang dipakai pada penulisan ini adalah pengembangan perangkat lunak untuk bangunan Sistem informasi yaitu suatu metode prototipe dimana prototipe adalah metode bagi pengembangan sistem yang menggunakan pendekatan pembuatan program untuk prototipe cepat dan secara bertahap dan juga membuat proses pengembangan sistem informasi menjadi lebih cepat dan mudah. Metode dimulai dengan identifikasi beberapa tahap sistem, persyaratan, prototyping, pengujian prototipe, prototipe perbaikan, dan pengembangan produksi Aplikasi Web martabak. Hasil pengembangan aplikasi e-commerce martabak pak hardi bertujuan memperluas pasar konsumen, meningkatkan penjualan produk, meningkatkan kualitas pelanggan layanan.

Kata kunci: e-commerce, internet, online, sistem informasi

References

Al fatta. Hanif, (2008), “Analisis & Perancangan Sistem Informasi”, Edisi III, Yogyakarta : ANDI Yogyakarta.

Hadi Sutopo. Ariesto, (2017), “Analisis dan Desain Berorientasi Objek “, Yogyakarta :J&J Learning Yogyakarta.

Harianto. Bambang, (2017), “ Rekayasa Sistem Berorientasi Objek”, Bandung : Informatika Bandung.

Indrajani, Wily, (20015), “Analisis dan perancangan sistem penjualan Berbasis web pada pt. Sarang imitasi” [Online] Avialable www.ipi.or.id/ pendukung/eLearning.doc/analisadanperancangane-commerce, Diakses pada 22 oktober 2017.

Irwanto. Djon, (2016)“ Perancangan Object Oriented Software dengan UML”, Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Kadir, Abdul, dan Triwahyuni, Terra CH, (2015) “Pengenalan Teknologi Informasi”, ANDI Yogyakarta.

Nugroho. Adi ST.,MMSI, (2015), “Analisa dan perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Objek”, Bandung.

Nugroho. Adi ST.,MMSI, (2016), “E-Commerce Memahami perdagangan Modern di dunia

Maya”, Bandung.

Suhendar, dan Gunadi. Hariman, (2012), “Visualisasi Modeling Menggunakan UML dan Rasional Rose”, Bandung : Informatika Bandung.

Sunarto. Andi SEI, (2009), “Seluk Beluk E-Commerce”, Yogyakarta : Gerai Ilmu.

Suyan, Renaldi, Natalini, (2007), “analisis dan perancangan strategi e-commerce pada pt. istana romantik dekorindo” [Online] Available www.free-tutorialfor. com/tutorial-for-skripsi teknik-informatika_5tezpr4z.pdf diakses pada 18 september 2017.

http://www.google.co.id/fenni.staff.gunadarma.ac.id/Downloads files/“Perancangan Berorientasi Objek”. pdf Diakses pada 16 September 2017.

Published
2018-03-11
How to Cite
Ekowati, M. A. S. (2018) “Analisa Dan Perancangan Aplikasi E-Commerce Berbasis Web Martabak Pak Hardi”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/595 (Accessed: 22June2024).