Perancangan Konversi Braille Ke Teks Berbasis Android

  • Intan Sulviyani Universitas Telkom
  • Ledya Novamizanti

Abstract

Komunikasi adalah proses manusia saling berinteraksi untuk bertukar informasi atau menyampaikan tujuan dan maksud tertentu. Komunikasi akan berlangsung baik, jika manusia saling memahami maksud dan tujuan antara satu dengan yang lainnya. Namun, sebagian orang memiliki keterbatasan indera penglihatan. Sehingga untuk membaca dan menulis membutuhkan teks braille. Akan tetapi, tidak mudah bagi masyarakat awam untuk memahami tulisan tersebut dengan cepat. Untuk itu, dibutuhkan teknologi yang dapat mengkonversi teks braile menjadi teks berbasis android.Dalam penelitian ini dilakukan perancangan konversi otomatis dari karakter image braille menjadi teks. Inputan citra berupa image dengan format jpg menggunakan metode K-Nearst Neighbor (KNN) sebagai klasifikasi dan metode Gray-Level Co-Occurance Matrix (GLCM) sebagai ekstraksi ciri. Dimana tahapan preprocessing terdiri dari cropping, proses grayscale, dilasi,dan deteksi tepi. Penelitian ini juga, diimplementasikan pada aplikasi android sehingga mempermudah user untuk menggunakan aplikasi ini. Hasil perancangan aplikasi ini diharapkan memiliki akurasi 100%.

Kata kunci : braille, android, KNN, konversi, GLCM

References

A. Muliawati, H. Wijanto, and R. Magdalena, "Konverter Otomatis Karakter Braille ke Teks Berbasis Image dan SVM," 2011.

D. Putra, 2010 "Pengolahan Citra Digital" Penerbit: Andi Offset

E. Winarno, and A. Zaki. 2011. "Membuat Sendiri Aplikasi Android untuk Pemula" Penerbit : PT Elex Media Komputindo.

K. Mutijania, I. I. Tritoasmoro, and M. I. Sari,"Perancangan Dan Realisasi Konverter Huruf Braille Ke Huruf Hijaiyah Berbasis Pengolahan Citra Digital Menggunakan K-Nearest Neighbor (KNN), " 2011.

N. N. Dzikrulloh , Indriati , and B. D. Setiawan, " Penerapan Metode K–Nearest Neighbor (KNN) dan Metode Weighted Product (WP) Dalam Penerimaan Calon Guru Dan Karyawan Tata Usaha Baru Berwawasan Teknologi (Studi Kasus : Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Kediri) " Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN: 2548-964X Vol. 1, No. 5, Mei 2017, hlm. 378-385, 2017.

R. D. Atmaja, L. Novamizanti, J. Halomoan, and M. A. Murti, " An Image Processing Algorithm To Find Edges In Grayscale Image" ISSN: 0973-7006, 2017.

R. Munir. 2004."Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Logaritmik" Penerbit: Informatika, Bandung

W. Anggoro, "Implementasi Ekstraksi Fitur Tekstur Gray Level Cooccurrence Matrices (Glcm) Untuk Pengelompokan Citra Tenun Menggunakan Algoritma K-Means"

Published
2018-03-11
How to Cite
Sulviyani, I. and Novamizanti, L. (2018) “Perancangan Konversi Braille Ke Teks Berbasis Android”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/598 (Accessed: 4May2024).